Tautan-tautan Akses

Pandangan Ekonomi IMF: Prospek Amerika Serikat Lebih cerah, Pertumbuhan Global Masih Lesu


FILE - Seorang anggota delegasi berjalan melewati spanduk IMF, selama Pertemuan Tahunan Bank Dunia/IMF di kantor pusat Dana Moneter Internasional (IMF) di Washington, 21 Oktober 2024.
FILE - Seorang anggota delegasi berjalan melewati spanduk IMF, selama Pertemuan Tahunan Bank Dunia/IMF di kantor pusat Dana Moneter Internasional (IMF) di Washington, 21 Oktober 2024.

Dana Moneter Internasional (IMF) pada hari Selasa (22/10) meningkatkan prospek ekonominya untuk Amerika Serikat tahun ini, sementara menurunkan ekspektasi untuk pertumbuhan di Eropa dan Tiongkok. IMF mempertahankan proyeksi pertumbuhan global tidak berubah pada 3,2% untuk tahun 2024.

IMF memperkirakan ekonomi AS - yang merupakan yang terbesar di dunia - akan tumbuh 2,8% tahun ini, turun sedikit dari 2,9% pada 2023, tetapi meningkat dari perkiraan 2,6% pada bulan Juli untuk 2024 . Pertumbuhan di Amerika Serikat disebabkan oleh belanja konsumen yang kuat, dan didorong oleh kenaikan upah yang disesuaikan dengan inflasi.

Namun, tahun depan, IMF memperkirakan ekonomi AS akan melambat menjadi 2,2%. Dengan adanya pemerintahan presiden dan Kongres yang baru, IMF memperkirakan pasar kerja negara ini akan kehilangan momentum pada tahun 2025 karena pemerintah mulai berusaha untuk mengurangi defisit anggaran yang besar dengan memperlambat pengeluaran, menaikkan pajak, atau kombinasi dari keduanya.

IMF, sebuah organisasi pemberi pinjaman kepada 190 negara, bekerja untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan stabilitas keuangan dan mengurangi kemiskinan global. Dalam proyeksi terbarunya, IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi Tiongkok akan melambat dari 5,2% tahun lalu menjadi 4,8% tahun ini dan 4,5% di tahun 2025.

Perekonomian No. 2 di dunia ini telah tertatih-tatih karena jatuhnya pasar perumahan dan lemahnya kepercayaan konsumen - masalah-masalah yang hanya diimbangi oleh ekspor yang kuat.

20 negara Eropa yang menggunakan mata uang euro secara kolektif diperkirakan akan mengalami pertumbuhan 0,8% tahun ini, dua kali lipat dari ekspansi tahun 2023 sebesar 0,4%, namun sedikit menurun dari 0,9% yang diperkirakan IMF tiga bulan lalu untuk tahun 2024. Ekonomi Jerman, yang dirugikan oleh kemerosotan di sektor manufaktur dan real estat, diperkirakan tidak akan tumbuh sama sekali tahun ini.

Inflasi di seluruh dunia mereda dari 6,7% pada tahun 2023 menjadi 5,8% pada tahun ini dan 4,3% pada tahun 2025. Inflasi turun lebih cepat lagi di negara-negara kaya dunia, dari 4,6% tahun lalu menjadi 2,6% tahun ini dan 2% - kisaran target untuk sebagian besar bank sentral utama - pada tahun 2025. Kemajuan melawan inflasi telah memungkinkan The Fed (Bank Sentral AS) dan Bank Sentral Eropa untuk akhirnya menurunkan suku bunga setelah mereka secara agresif menaikkan suku bunga untuk memerangi lonjakan inflasi pasca-COVID-19.

Namun, sama seperti biaya pinjaman lebih rendah yang membantu perekonomian dunia, IMF memperingatkan, kebutuhan untuk menahan defisit pemerintah yang sangat besar kemungkinan akan mengerem pertumbuhan. Ekonomi dunia secara keseluruhan diperkirakan akan tumbuh 3,2% pada tahun 2024 dan 2025, turun dari 3,3% tahun lalu. Itu adalah standar yang tidak mengesankan: Dari tahun 2000 hingga 2019, sebelum pandemi menjungkirbalikkan aktivitas ekonomi, pertumbuhan global rata-rata mencapai 3,8% per tahun.

IMF juga terus mengungkapkan kekhawatirannya bahwa ketegangan geopolitik, termasuk permusuhan antara Amerika Serikat dan Tiongkok, bisa membuat perdagangan dunia menjadi kurang efisien. Keprihatinannya adalah semakin banyak negara yang melakukan bisnis dengan para sekutu mereka dibandingkan mencari harga yang lebih rendah atau barang-barang buatan negara luar yang terbaik. Meski demikian perdagangan global yang diukur oleh volume diperkirakan tumbuh 3,1 % tahun ini dan 3,4 % pada 2025, meningkat 0,8 % yang lesu pada 2023.

Perekonomian India diperkirakan akan tumbuh 7% tahun ini dan 6,5% pada tahun 2025. Meskipun masih kuat, laju tersebut akan turun dari pertumbuhan 8,2% tahun lalu, disebabkan oleh konsumen yang memperlambat pengeluaran mereka setelah ledakan pasca pandemi.

IMF memperkirakan bahwa ekonomi Jepang, yang dirugikan oleh masalah produksi di industri otomotif dan perlambatan pariwisata, akan meluas sebesar 0,3% tahun ini sebelum meningkat ke pertumbuhan 1,1% pada tahun 2025.

Inggris diproyeksikan akan mencatat pertumbuhan 1,1% tahun ini, naik dari 0,3% pada tahun 2023, dengan penurunan suku bunga yang membantu memacu belanja konsumen yang lebih kuat. [my/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG