Tautan-tautan Akses

Paus Mengaku Belum Sehat dalam Penampilan Pertama setelah Batalkan Lawatan ke Dubai


Paus Fransiskus memimpin doa Angelus di Vatikan, 12 November 2023. (Foto: via Reuters)
Paus Fransiskus memimpin doa Angelus di Vatikan, 12 November 2023. (Foto: via Reuters)

Paus Fransiskus terdengar tersengal-sengal dan membatasi pidatonya dalam acara publik hari Rabu, sehari setelah ia membatalkan kunjungan ke KTT iklim COP28 di Dubai karena masalah kesehatan.

“Saudara dan saudari terkasih, selamat pagi dan selamat datang,” kata paus berusia 86 tahun itu dalam audiensi mingguannya, yang diadakan di dalam ruangan di aula Paulus IV di Vatikan.

Ia mengatakan seorang asisten akan menggantikannya dalam membacakan naskah utama, “karena saya masih belum sembuh dari flu ini dan suara saya tidak bagus.”

Hari Selasa, Vatikan mengatakan Paus Fransiskus tidak akan mewujudkan rencana perjalanan tiga harinya ke Dubai, mulai Jumat, atas rekomendasi dokter.

“Meskipun kondisi klinis Bapa Suci secara umum telah membaik terkait dengan flu dan radang saluran pernapasan, para dokter telah meminta Paus untuk tidak melakukan perjalanan,” menurut pernyataan Vatikan.

Paus Fransiskus, yang mengalami kesulitan berjalan karena sakit lutut dan kadang-kadang menggunakan kursi roda, tiba dalam acara audiensi hari Rabu dengan berjalan kaki, dibantu dengan tongkat.

Ia disambut hadirin yang memadati aula dengan tepuk tangan dan seruan Viva il papa atau Panjang Umur Paus. [uh/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG