Tautan-tautan Akses

Pejabat Tinggi PBB Minta Komunitas Internasional “Pertahankan Fokus Pada Ukraina”


Sejumlah tentara Ukraina berjalan di pinggiran sungai Dnipro dekat Kherson, Ukraina, pada 15 Oktober 2023. (Foto: AP/Mstyslav Chernov)
Sejumlah tentara Ukraina berjalan di pinggiran sungai Dnipro dekat Kherson, Ukraina, pada 15 Oktober 2023. (Foto: AP/Mstyslav Chernov)

Seorang pejabat tinggi PBB untuk Eropa, Asia Tengah dan Amerika mengatakan kepada Dewan Keamanan pada Selasa (21/11) bahwa komunitas internasional harus “mempertahankan fokusnya terhadap Ukraina dan mengakhiri penderitaan akibat perang ini.”

Dalam sebuah pengarahan kepada Dewan Keamanan, Miroslav Jenca, Asisten Sekretaris Jenderal PBB untuk Eropa, Asia Tengah dan Amerika mengatakan bahwa dukungan dan solidaritas internasional di tengah musim dingin yang akan datang tetap penting. Ia menambahkan bahwa dana sebesar US$435 juta dibutuhkan untuk menyalurkan bantuan seperti pakaian untuk musim dingin, material untuk memperbaiki rumah, peralatan pemanas ruangan, bahan bakar dan banyak lagi untuk 1,7 juta orang yang membutuhkan.

“Kami juga prihatin akan pengabaian hukum internasional di wilayah Ukraina, yang saat ini berada di bawah kendali Rusia,” tambah Jenca. “Pejabat Rusia menyelenggarakan apa yang mereka sebut sebagai pemilu, menunjuk hakim-hakim Rusia, dan menerapkan hukum Rusia, bahkan secara retroaktif.”

Matthew Hollingworth, Direktur Negara Program Pangan Dunia (WFP), juga menyampaikan pidato di Dewan Keamanan, yang menyatakan bahwa masyarakat menghadapi hambatan dalam mengakses makanan di 80% pemukiman yang terletak dekat dengan garis depan pertempuran.

Duta Besar Ukraina Sergiy Kyslytsya mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa “kelaparan sebagai salah satu metode perang Rusia telah meliputi berbagai komponen sejak hari pertama invasi (Rusia) skala penuh.” [rd/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG