Tautan-tautan Akses

Pemimpin Oposisi Venezuela Minta Suaka di Spanyol


Mantan kandidat presiden dari oposisi Venezuela Edmundo Gonzalez dilaporkan meninggalkan Venezuela dan sedang minta suaka di Spanyol (foto: dok),
Mantan kandidat presiden dari oposisi Venezuela Edmundo Gonzalez dilaporkan meninggalkan Venezuela dan sedang minta suaka di Spanyol (foto: dok),

Mantan kandidat presiden dari oposisi Venezuela Edmundo Gonzalez tiba di Spanyol pada hari Minggu (8/9) untuk meminta suaka, kata Madrid. Ia terbang ke negara itu beberapa jam setelah meninggalkan negaranya di tengah-tengah krisis politik dan diplomatik terkait pemilu Juli lalu yang disengketakan.

Gonzalez, yang menolak pernyataan kemenangan presiden Nicolas Maduro, tiba di pangkalan militer Torrejon de Ardoz bersama dengan istrinya, kata kementerian luar negeri Spanyol dalam sebuah pernyataan.

Kepergian pemimpin berusia 75 tahun itu, yang dianggap AS, Uni Eropa dan negara-negara berpengaruh lainnya di kawasan sebagai pemenang pemilu – berlangsung sepekan setelah otoritas Venezuela mengeluarkan surat perintah penangkapannya, menuduhnya melakukan persekongkolan dan kejahatan lainnya.

“Hari ini adalah hari yang menyedihkan bagi demokrasi di Venezuela,” kata kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell dalam sebuah pernyataan. “Di dalam demokrasi, tidak ada pemimpin politik yang boleh dipaksa meminta suaka di negara lain.”

Wakil Presiden Venezuela Delcy Rodriguez mengatakan di Instagram bahwa pihak berwenang telah memberi Gonzalez jalur yang aman dalam upaya untuk memulihkan “perdamaian politik.”

Ia meninggalkan Venezuela setelah “dengan sukarela meminta perlindungan di Kedutaan Besar Spanyol di Caracas beberapa hari silam,” tulis Rodriguez.

Kementerian luar negeri Spanyol mengatakan tidak ada pembicaraan antara pemerintah Spanyol dan Venezuela mengenai kepergian Gonzalez.

Pihak oposisi Venezuela mengatakan pemilu 28 Juli membuahkan kemenangan besar bagi Gonzalez, dan menerbitkan penghitungan suara online yang menunjukkan bahwa ia menang.

Maduro menepis semua pernyataan tersebut dan mengatakan itu adalah rencana kelompok sayap kanan untuk menyabotase pemerintahannya.

Kepergian Gonzalez ke Spanyol menandai kejutan lainnya dalam peruntungan mantan diplomat yang keluar dari masa pensiunnya dan mengambil alih pencalonan di kubu oposisi pada Maret lalu. Awalnya ia menjadi kandidat pengganti setelah pemimpin oposisi Maria Corina Machado dan pengganti lainnya tidak dapat maju dalam pemilihan itu.

Machado mengukuhkan di X bahwa Gonzalez kini berada di Spanyol, seraya menambahkan bahwa ia telah melarikan diri untuk melindungi “kebebasannya, integritasnya dan hidupnya.”

“Meningkatnya ancaman, panggilan, surat perintah penangkapan dan bahkan upaya pemerasan dan pemaksaan di mana ia menjadi sasarannya menunjukkan bahwa rezim ini tidak punya rasa sesal dan batas dalam obsesinya untuk membungkamnya dan berusaha untuk menghancurkannya,” tulis Machado.

Gonzalez akan terus berjuang bagi oposisi dari Spanyol, sedangkan Machado akan melanjutkannya di dalam Venezuela, kata Machado. Ia juga berjanji bahwa pada 10 Januari 2025, ia akan dilantik sebagai presiden negara itu. [uh/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG