Tautan-tautan Akses

Pentagon: Biaya Parade Militer Diperkirakan $12 Juta


Debi Kahn dari New Jersey menerobos garis polisi dan memeluk veteran Perang Teluk dalam parade penyambutan di New York, 11 Juni 1991.
Debi Kahn dari New Jersey menerobos garis polisi dan memeluk veteran Perang Teluk dalam parade penyambutan di New York, 11 Juni 1991.

Parade militer yang diusulkan Presiden Donald Trump akan menelan biaya $12 juta, kata Pentagon, Rabu (18/7).

Pejabat-pejabat Pentagon mengatakan angka itu merupakan perkiraan perencanaan yang dapat dengan mudah berubah begitu rencana final disetujui.

Biaya $12 juta itu hampir sama dengan anggaran latihan militer dengan Korea Selatan yang kini dibatalkan.

Trump membatalkan latihan tahunan itu setelah melangsungkan pertemuan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, dengan menyebut biaya itu dan menyebut latihan itu “sangat provokatif” terhadap Korea Utara.

Parade itu akan berlangsung di Washington DC pada 10 November.

Menurut memo Pentagon yang dirilis Maret, parade itu akan berlangsung dari Gedung Putih menuju ke Gedung Kongres.

Memo itu menyatakan bahwa fokus parade itu adalah tentang “sumbangsih veteran militer Amerika selama sejarah,” diawali dari Perang Revolusioner Amerika. Parade itu akan mencakup kendaraan-kendaraan beroda, tetapi tidak ada tank. Sebagian pasukan akan mengenakan seragam masa itu dan sejumlah pesawat udara yang digunakan pada akhir parade juga akan mencakup “pesawat-pesawat tua, jika tersedia.”

Inspirasi menyelenggarakan parade militer itu datang dari lawatan Presiden Trump ke Perancis tahun lalu ketika ia dan ibu negara Melania menyaksikan beberapa acara Hari Bastille di Paris pada 14 Juli, sebagai tamu Presiden Emmanuel Macron dan istrinya Brigitte.

Parade militer di Amerika umumnya jarang dilakukan.

Pasukan Amerika pada 1991 pernah berparade di Washington DC untuk merayakan pengusiran pasukan Saddam Hussein dari Kuwait pada Perang Teluk. [em/al]

XS
SM
MD
LG