Tautan-tautan Akses

Petugas Damkar Berusia 24 Tahun Menjadi Korban Pertama Kebakaran Hutan Kanada


Sebuah wilayah blok perumahan di Jasper, Alberta, terbakar oleh si jago merah yang melalap wilayah hutan Kanada pada 26 Juli 2024. (Foto: Amber Bracken/Pool via Reuters)
Sebuah wilayah blok perumahan di Jasper, Alberta, terbakar oleh si jago merah yang melalap wilayah hutan Kanada pada 26 Juli 2024. (Foto: Amber Bracken/Pool via Reuters)

Polisi federal Kanada pada hari Minggu (4/8) mengumumkan bahwa seorang petugas pemadam kebakaran berusia 24 tahun meninggal dunia ketika sedang berjuang memadamkan kebakaran hutan yang luas dan masih belum terkendali di wilayah Kanada bagian barat.

Pria tersebut, yang namanya tidak segera dipublikasikan, menjadi korban pertama dari kebakaran besar di dekat kota wisata Jasper di provinsi Alberta. Tahun lalu, musim kebakaran yang sangat buruk telah merenggut delapan nyawa.

Korban yang merupakan seorang penduduk asli Calgary, mengalami cedera serius pada Sabtu (3/8) sore saat tertimpa pohon yang tumbang "ketika sedang memadamkan kebakaran di sebelah timur laut Jasper," demikian pernyataan dari Royal Canadian Mounted Police (RCMP).

Menurut Parks Canada, badan federal yang mengelola taman nasional, korban diangkut dengan menggunakan helikopter dan dilanjutkan dengan ambulans udara ke rumah sakit, tetapi kemudian dinyatakan meninggal.

"Setiap orang yang merespons Kompleks Kebakaran Hutan Jasper berkabung hari ini untuk teman dan kolega kami," demikian pernyataan bersama dari Parks Canada dan kota Jasper yang diunggah di Facebook.

"Komunitas kebakaran hutan adalah komunitas kecil dan setiap kehilangan sangat berdampak pada kita semua."

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan bahwa ia merasa “terpukul” atas kehilangan tersebut, dan menambahkan di platform media sosial X bahwa "korban telah melayani warga Alberta dengan keberanian yang tak tergoyahkan, dan kehilangannya sangat dirasakan."

Beberapa unit pemadam kebakaran memberikan penghormatan kepada rekan mereka yang gugur pada Minggu pagi dalam sebuah upacara di kota terdekat, Hinton.

Otoritas provinsi mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki keadaan di sekitar kematiannya. [th/ka]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG