Tautan-tautan Akses

Presiden Biden Tugaskan Wapres Kamala Tangani Lonjakan Migran


Para migran di tempat penahanan Dinas Kepabeanan dan Perbatasan AS, di Jembatan Internasional Anzalduas, di Mission, Texas, 19 Maret 2021.
Para migran di tempat penahanan Dinas Kepabeanan dan Perbatasan AS, di Jembatan Internasional Anzalduas, di Mission, Texas, 19 Maret 2021.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah menugaskan Wakil Presiden Kamala Harris untuk mengambil alih pengelolaan isu terbesar yang dihadapi pemerintahannya, yakni arus migran yang tiba di perbatasan selatan.

“Kami akan menangani isu ini dengan tim lengkap sekarang,” kata Biden, Rabu (24/3).

“Saya tidak punya ide siapa lagi yang lebih memenuhi syarat untuk hal ini,” kata Biden, dan mencatat pengalaman Harris sebagai Jaksa Agung California, sebuah negara bagian di perbatasan.

“Ketika dia berbicara, dia berbicara untuk saya, dan dia tidak usah mencek lagi dengan saya,” imbuh Biden. “Dia tahu apa yang harus dilakukannya.”

Presiden mengatakan kepada Kamala, seorang mantan senator dan putri dari imigran, “Saya memberi Anda tugas yang sulit, dan Anda tertawa.”

Kamala yang mendampingi presiden mencatat, “pekerjaannya tidak mudah,” dan menyebut banjir migran diperbatasan Amerika dengan Meksiko sebagai “situasi yang menantang.”

Wapres mengatakan dia menyambut baik kesempatan terlibat dalam diplomasi dengan pemimpin-pemimpin pemerintah dan sektor swasta dari El Salvador, Guatemala, dan Honduras, serta juga bekerja sama dengan Meksiko dan negara-negara lain di belahan barat. [jm/ka]

XS
SM
MD
LG