Tautan-tautan Akses

Presiden Ukraina Secara Tidak Langsung Konfirmasi Serangan Militer ke Wilayah Rusia


Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menjawab pertanyaan media sambil berdiri di depan jet tempur F-16 Angkatan Udara Ukraina di lokasi yang dirahasiakan di Ukraina, Minggu, 4 Agustus 2024. (Foto: AP)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menjawab pertanyaan media sambil berdiri di depan jet tempur F-16 Angkatan Udara Ukraina di lokasi yang dirahasiakan di Ukraina, Minggu, 4 Agustus 2024. (Foto: AP)

Beberapa hari setelah Ukraina memulai serangan militer mendadak ke wilayah perbatasan Kursk di Rusia, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mulai berbicara mengenai hal itu Sabtu (10/8) malam dengan secara tidak langsung mengakui tindakan militer yang tengah berlangsung untuk “mendorong perang ke wilayah agresor” dalam pidato hariannya.

Sepanjang Sabtu malam hingga Minggu, rentetan serangan pesawat nirawak dan rudal Rusia di Kyiv menewaskan dua orang termasuk seorang anak laki-laki berusia 4 tahun, sementara di Rusia, gubernur daerah Kursk mengatakan 13 orang terluka ketika rudal Ukraina yang ditembak oleh pertahanan udara Rusia jatuh di sebuah bangunan tempat tinggal.

Mayat seorang pria berusia 35 tahun dan putranya ditemukan di bawah reruntuhan setelah pecahan rudal jatuh di daerah permukiman di distrik Brovary pinggiran kota Kyiv, menurut Layanan Darurat Negara Ukraina pada Minggu (11/8). Tiga orang lainnya di distrik itu juga terluka dalam serangan tersebut.

Serhii Popko, Kepala Administrasi Militer Kota Kyiv mengatakan bahwa ini yang kedua kalinya Kyiv menjadi sasaran bulan ini.

Popko mengatakan rudal balistik tidak mencapai ibu kota tetapi daerah pinggiran kota terkena serangan, sementara pesawat nirawak yang menuju ibu kota ditembak jatuh.

Serangan Ukraina berlanjut untuk hari keenam pada hari Minggu dan serangan demikian belum pernah terjadi sebelumnya, yakni penggunaan unit militer Ukraina di wilayah Rusia. Tujuan pasti dari operasi tersebut masih belum jelas dan pejabat militer Ukraina telah mengadopsi kebijakan kerahasiaan, mungkin untuk memastikan keberhasilannya.

Di Rusia, Kementerian Pertahanan mengatakan 35 pesawat nirawak Ukraina ditembak jatuh pada Sabtu malam hingga Minggu di atas wilayah Kursk, Voronezh, Belgorod, Bryansk dan Oryol.

Ukraina belum mengomentari serangan pesawat nirawak hari Minggu di dalam Rusia tersebut, tetapi serangan itu terjadi selagi Ukraina meningkatkan laju serangan drone serupa yang sebagian besar menarget infrastruktur militer dan depot minyak dalam beberapa minggu terakhir. [lt/my]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG