Tautan-tautan Akses

Puji Pemulihan Timor Leste, Paus Fransiskus Tetap Akui Skandal Pelecehan Uskup


Paus Fransiskus melambaikan tangan dari mobil, di Dili, Timor Leste, Senin, 9 September 2024. (Foto AP/Dita Alangkara)
Paus Fransiskus melambaikan tangan dari mobil, di Dili, Timor Leste, Senin, 9 September 2024. (Foto AP/Dita Alangkara)

Paus Fransiskus mendapat sambutan meriah pada hari Senin (9/19) saat tiba di Timor Leste untuk merayakan pemulihan negara itu dari perang kemerdekaan berdarah dan penuh trauma; bahkan ketika ia secara tidak langsung mengakui skandal pelecehan yang melibatkan pahlawan peraih Nobel Perdamaian Carlos Ximenes Belo.

Warga Timor-Leste memadati rute iring-iringan mobil Paus dari bandara menuju kota, melambaikan bendera Vatikan dan bendera Timor-Leste, serta membawa payung kuning dan putih – warna khas Tahta Suci – untuk menaungi diri mereka dari teriknya sinar mentari pada siang hari.

“Viva el Papa!” teriak mereka ketika Paus melintas. Paus Fransiskus yang berusia 87 tahun itu tampak menikmati sambutan itu. Ia tersenyum lebar dari atas mobil bak terbuka dan melambaikan tangan ketika ia melewati papan iklan yang menampilkan gambarnya dan kata-kata selamat datang.

Warga menyambut kedatangan Paus Fransiskus saat menuju Istana Kepresidenan di Dili, Timor Leste, Senin, 9 September 2024. (AP/Firdia Lisnawati)
Warga menyambut kedatangan Paus Fransiskus saat menuju Istana Kepresidenan di Dili, Timor Leste, Senin, 9 September 2024. (AP/Firdia Lisnawati)

Timor Leste yang merupakan salah satu negara termiskin di dunia, dengan mayoritas penduduknya beragama Katolik, menantikan kedatangan Paus. Kedatangan tersebut bertepatan dengan ulang tahun ke-25 referendum PBB yang membuka jalan bagi kemerdekaan dari Indonesia.

Suasana ini jauh berbeda dibandingkan dengan kunjungan Paus Yohanes Paulus II sebelumnya, yang datang pada 1989 ketika Timor Leste masih menjadi bagian dari Indonesia dan sedang memperjuangkan kemerdekaannya.

Setelah rakyat Timor memilih untuk merdeka satu dekade kemudian, militer Indonesia menanggapi pilihan itu dengan kampanye bumi hangus yang menghancurkan 80 persen infrastruktur negara dan mengejutkan dunia. Secara keseluruhan, sebanyak 200.000 orang terbunuh selama 24 tahun berada di bawah kekuasaan Indonesia.

Paus Fransiskus menyapa orang-orang di Istana Kepresidenan Dili, Timor Leste, 9 September 2024. (Foto: REUTERS/Willy Kurniawan/Pool)
Paus Fransiskus menyapa orang-orang di Istana Kepresidenan Dili, Timor Leste, 9 September 2024. (Foto: REUTERS/Willy Kurniawan/Pool)

Puji Kebangkitan Rakyat Timor Leste, Sitir Pelecehan Seksual

Mengikuti perjalanan Paus Yohanes Paulus II sebelumnya, Paus Fransiskus tiba di Dili dari Papua Nugini, yang membuka babak ketiga dari perjalanannya di Asia Tenggara dan Oseania.

Presiden Jose Ramos Horta dan Perdana Menteri Xanana Gusmao, dua pahlawan kemerdekaan Timor Leste yang paling dihormati, menyambut Paus Fransiskus di bandara dan bertemu dengannya secara pribadi.

Dalam sambutannya, Paus Fransiskus memuji rakyat Timor-Leste yang telah pulih dari “penderitaan dan cobaan terbesar” untuk menempatkan negara itu di jalur pembangunan yang damai. Ia juga memuji mereka karena telah berdamai dengan Indonesia.

Namun, ia mengatakan bahwa tantangan dan masalah baru kini menghadang negara terbaru di Asia ini, termasuk emigrasi dan kemiskinan, serta penyalahgunaan alkohol dan kekerasan yang melibatkan geng bela diri.

“Janganlah kita lupa bahwa anak-anak dan remaja ini dilecehkan martabatnya,” kata Paus. “Sebagai tanggapan, kita semua terpanggil untuk melakukan segala sesuatu yang mungkin untuk mencegah setiap jenis pelecehan dan menjamin masa kecil yang sehat dan damai bagi semua anak muda.”

Itu adalah referensi umum dan tidak langsung untuk “pelecehan.” Namun, hal ini mengingatkan kembali pada skandal yang melibatkan Uskup Timor Leste Carlos Ximenes Belo.

Vatikan Diam-Diam Jatuhkan Sanksi terhadap Uskup Belo

Bersama Gusmao dan Ramos Horta, Belo dianggap sebagai pahlawan atas upaya mereka mendukung kemerdekaan Timor Leste. Belo memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1996 bersama Ramos-Horta karena mengkampanyekan solusi yang adil dan damai untuk konflik tersebut.

Uskup Katolik Roma Carlos Ximenes Belo memimpin Misa di rumah sakit Baucau, sebelah timur Dili, Timor Timur, 26 Juli 2003. (Foto: AP)
Uskup Katolik Roma Carlos Ximenes Belo memimpin Misa di rumah sakit Baucau, sebelah timur Dili, Timor Timur, 26 Juli 2003. (Foto: AP)

Namun pada 2022, Vatikan mengakui bahwa mereka diam-diam telah memberikan sanksi kepada Belo dua tahun sebelumnya karena melakukan pelecehan seksual terhadap sejumlah anak laki-laki.

Sanksi tersebut termasuk pembatasan pergerakan dan pelaksanaan tugas pelayanannya, serta melarangnya melakukan kontak sukarela dengan anak di bawah umur atau kontak dengan Timor Leste. Sanksi tersebut diperkuat pada tahun 2021.

Terlepas dari sanksi yang ketika itu dikonfirmasi oleh juru bicara Vatikan dan ditegaskan kembali minggu lalu menjelang perjalanan Paus Fransiskus, banyak orang di Timor-Leste membela Belo. Tidak sedikit yang mengabaikan atau menyangkal pernyataan juru bicara Vatikan itu, bahkan banyak yang meremehkan klaim para korban. Sebagian orang tetap berharap Belo, yang kini tinggal di Portugal, akan hadir untuk menyambut Paus.

Pastor lainnya, misionaris Amerika Richard Daschbach, yang juga dihormati karena perannya dalam menyelamatkan nyawa dalam perjuangan pembebasan, sedang menjalani hukuman 12 tahun penjara di penjara Timor-Leste karena mencabuli anak-anak perempuan miskin. Dia dicopot dari jabatannya oleh gereja.

Presiden Timor Leste, Jose Ramos-Horta, menyambut Paus Fransiskus usai pertemuan di Istana Kepresidenan Dili, 9 September 2024. (Foto: Dita Alangkara via REUTERS)
Presiden Timor Leste, Jose Ramos-Horta, menyambut Paus Fransiskus usai pertemuan di Istana Kepresidenan Dili, 9 September 2024. (Foto: Dita Alangkara via REUTERS)

Ramos Horta: Bukan Waktu Tepat Ungkit Skandal Gereja

Dalam wawancara dengan kantor berita Associated Press pekan lalu, Presiden Ramos Horta, mengatakan kunjungan Paus Fransiskus bukanlah waktu yang tepat untuk mengungkit kembali skandal-skandal gereja. Menurutnya merupakan tugas Vatikan untuk mengaturnya. “Membuat Paus mengangkat masalah pelecehan selama kunjungannya “akan seperti mengadili seseorang dua kali,” katanya kepada AP.

Namun referensi samar-samar Paus Fransiskus tentang pelecehan seksual dalam pernyataannya pada Senin tampak sebagai tindakan penyeimbang diplomatik – mengakui pelecehan, tetapi menghormati keinginan pemerintah yang menjamunya – dan sentimen gereja lokal serta umat beriman Timor Leste.

Masalah ini juga rumit bagi Vatikan karena tidak ada pengakuan tentang Belo terkait apa yang diketahui Vatikan dan kapan peristiwa itu terjadi, meski kasus itu telah menjadi rahasia umum di Timor Leste selama bertahun-tahun.

Paus Yohanes Paulus II pada 2022 mengizinkan Belo pensiun dari posisinya sebagai kepala gereja Timor dua puluh tahun lebih awal, saat ia berusia 54 tahun. Namun, dia kemudian dikirim ke Mozambik, di mana dia bekerja dengan anak-anak.

Dalam sebuah wawancara pada 2023 dengan AP, Paus Fransiskus menyatakan bahwa Belo, seperti halnya uskup lain sebelum dan sesudahnya, diizinkan untuk pensiun secara diam-diam, dibandingkan menghadapi hukuman apa pun atas kesalahannya.

Belo Dihapus dalam Panduan Resmi Delegasi Vatikan ke Timor Leste

Vatikan sekarang tampaknya sedang mencoba untuk diam-diam mengabaikan hal itu. Vatican News pada 28 Agustus lalu tetap mencantumkan peran Belo dalam perjuangan kemerdekaan Timor Leste, tetapi buku panduan resmi untuk delegasi Vatikan dalam perjalanan tersebut menghapus penyebutan Belo dari sejarah singkat tentang Timor Leste dan perjuangan kemerdekaannya.

Hanya sekitar 20 persen penduduk Timor Leste yang beragama Katolik ketika Indonesia menginvasi pulau kecil itu pada 1975, tidak lama setelah Portugal meninggalkannya sebagai negara jajahan. Saat ini, sekitar 98 persen dari 1,3 juta penduduk Timor Leste beragama Katolik, menjadikannya negara dengan penduduk Katolik terbanyak di dunia di luar Vatikan.

Paus Fransiskus akan merayakan sejarah itu pada Selasa (10/9) dalam sebuah Misa di pantai yang sama tempat Yohanes Paulus merayakan Misa pada 1989 dan menyemangati rakyat Timor Leste.

Pihak berwenang mengatakan sekitar 300.000 orang telah mendaftar terlebih dahulu melalui keuskupan mereka untuk menghadiri Misa tersebut. Namun, Presiden Ramos Horta memperkirakan akan ada 700.000 orang, termasuk warga dari Indonesia yang akan hadir. Pihak Vatikan sendiri memperkirakan jumlah peserta misa akan mencapai 750.000 orang. [th/em]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG