Tautan-tautan Akses

Putin Temui Para Perwira Tinggi Penanggungjawab Perang di Ukraina


Presiden Rusia Vladimir Putin, kanan, mendengarkan Ketua Mahkamah Agung Vyacheslav Lebedev di Kremlin di Moskow, Rusia, Jumat, 18 Agustus 2023. (Foto: via AP)
Presiden Rusia Vladimir Putin, kanan, mendengarkan Ketua Mahkamah Agung Vyacheslav Lebedev di Kremlin di Moskow, Rusia, Jumat, 18 Agustus 2023. (Foto: via AP)

Kremlin, Sabtu (19/8), mengatakan Presiden Vladimir Putin mengunjungi komandan operasi Rusia di Ukraina dan petinggi militer lainnya. Pertemuan tersebut dilakukan setelah Ukraina mengklaim kemenangan serangan balasan di front tenggara.

"Vladimir Putin mengadakan pertemuan di markas besar kelompok operasi militer khusus di Rostov-on-Don," kata Kremlin dalam sebuah pernyataan.

Rusia, yang melancarkan invasi di Ukraina pada Februari 2022, menyebut tindakannya sebagai operasi militer khusus.

Kremlin menambahkan bahwa Putin, panglima tertinggi Rusia, mendengarkan laporan dari Valery Gerasimov, kepala Staf Umum Angkatan Darat yang bertanggung jawab atas operasi Moskow di Ukraina, dan komandan serta perwira tinggi militer lainnya.

Pertemuan tersebut digelar setelah Ukraina mengumumkan bahwa mereka berhasil mengambil alih sebuah desa kecil di sepanjang garis depan, yang merupakan pembebasan pertama sejak bulan Juli. Kyiv secara gencar serangan balik untuk merebut kembali sejumlah wilayah yang dicaplok Rusia dalam bulan-bulan pertama perang. Serangan balik itu berjalan lebih lambat dari yang diharapkan.

Kremlin tidak memberikan perincian tambahan tentang pertemuan itu dan tidak jelas kapan pertemuan itu berlangsung. Video yang ditayangkan oleh kantor berita negara RIA menunjukkan Gerasimov menyapa Putin pada malam hari dan membawanya ke sebuah gedung setelah berjabat tangan singkat.

Gerasimov, yang jarang terlihat di depan umum dalam beberapa bulan terakhir, telah menjadi sasaran kritik keras dari pemimpin tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin dan beberapa narablog (blogger) militer Rusia atas kegagalan Rusia dalam perang di Ukraina.

Rostov-on-Don, sebuah kota yang hanya berjarak sekitar 100 kilometer dari perbatasan Ukraina, adalah rumah bagi komando distrik militer selatan Rusia yang tentaranya bertempur di Ukraina.

Pada Kamis (17/8), militer Ukraina mengatakan berhasil mengambil alih desa kecil Urochaine di wilayah Donetsk, mendorong maju dalam perjalanannya menuju Laut Azov untuk berpotensi memotong jembatan darat Rusia ke Krimea, jalur penting untuk memasok keperluan Moskow. [ah/ft]

Forum

XS
SM
MD
LG