Tautan-tautan Akses

Rusia Sebut Hancurkan 20 Drone Ukraina di Krimea


Anggota dinas keamanan menyelidiki gedung perkantoran yang rusak di Kota Moskow menyusul laporan serangan drone Ukraina di Moskow Rusia, 1 Agustus 2023. (Foto: REUTERS/Evgenia Novozhenina)
Anggota dinas keamanan menyelidiki gedung perkantoran yang rusak di Kota Moskow menyusul laporan serangan drone Ukraina di Moskow Rusia, 1 Agustus 2023. (Foto: REUTERS/Evgenia Novozhenina)

Pasukan Rusia menghancurkan 20 pesawat nirawak atau drone Ukraina yang diluncurkan ke Semenanjung Krimea pada Sabtu (12/8) pagi, kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Melalui aplikasi pesan teks Telegram, kementerian mengatakan insiden tersebut tidak menelan korban jiwa dan tidak ada kerusakan yang diakibatkan percobaan serangan itu. Kementerian juga mengatakan sistem pertahanan udara Rusia berhasil menghancurkan 14 drone, sedangkan perangkat elektroniknya berhasil melumatkan enam lainnya.

Reuters tidak dapat memverifikasi laporan tersebut secara independen.

Belum jelas apa yang menjadi sasaran serangan yang dilaporkan di semenanjung yang dicaplok Rusia itu.

Sergei Kryuchkov, penasihat gubernur Krimea yang dilantik Rusia, mengatakan sebelumnya bahwa sistem pertahanan udara terlibat dalam menangkis serangan udara di berbagai bagian semenanjung.

Otoritas transportasi Krimea mengatakan di saluran Telegram mereka bahwa lalu lintas di Jembatan Krimea, yang menghubungkan semenanjung Laut Hitam dengan wilayah Krasnodar Rusia, ditangguhkan selama sekitar dua jam, mulai pukul 01.30 dini hari waktu setempat.

Serangan drone di wilayah yang dikuasai Rusia di Ukraina dan di dalam wilayah Rusia meningkat sejak sebuah drone di atas Kremlin berhasil dihancurkan pada awal Mei.

Ukraina hampir tidak pernah secara terbuka mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu tetapi mengatakan menghancurkan infrastruktur militer Rusia sangat penting untuk serangan balasan Kyiv.

Moskow mencaplok Krimea dari Ukraina pada 2014, delapan tahun sebelum Presiden Vladimir Putin memerintahkan invasi besar-besaran ke tetangga Rusia itu pada Februari tahun lalu. [ah/ft]

Forum

XS
SM
MD
LG