Tautan-tautan Akses

Senat AS Sahkan RUU Bantuan COVID-19 Senilai $1,9 Triliun


Selembar uang kertas dollar AS di balik masker untuk melindungi dari virus corona (Covid-19), dalam foto ilustrasi pada 18 Maret 2020. (Foto: Reuters)
Selembar uang kertas dollar AS di balik masker untuk melindungi dari virus corona (Covid-19), dalam foto ilustrasi pada 18 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Senat Amerika Serikat (AS) mengesahkan rancangan undang-undang (RUU) bantuan virus corona senilai $1,9 triliun pada Sabtu (6/3). Pengesahan itu memberi Joe Biden kemenangan legislatif besar pertama sejak menjabat pada 20 Januari.

“Hari ini, saya bisa katakan bahwa kita telah mengambil satu langkah besar lagi untuk mewujudkan janji bahwa bantuan akan segera diberikan," kata Biden di Gedung Putih, beberapa menit setelah RUU itu disetujui. "Tentu tidak mudah, tidak selalu indah, tapi sangat sangat dibutuhkan segera."

Pengesahan paket bantuan itu melalui sebuah sesi panjang untuk membuat beberapa perubahan untuk menggalang dukungan dari para anggota Partai Demokrat.

RUU itu disetujui dengan suara 50-49 dalam Senat beranggotakan 100 orang, tanpa dukungan Republik sama sekali.

Paket bantuan itu kini diserahkan lagi ke DPR untuk rekonsiliasi sebelum Biden mengesahkan versi akhir menjadi undang-undang (UU).

Selain memberi stimulus kepada individu dan keluarga, RUU itu juga memberi pendanaan bagi vaksin dan tes COVID-19, bantuan untuk pemerintah negara bagian dan lokal, sektor bisnis yang terdampak pandemi, seperti restoran, maskapai penerbangan, dan usaha kecil menengah (UKM). RUU itu juga memberi keringanan pajak bagi mereka yang memiliki upah rendah serta keluarga yang memiliki anak-anak. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG