Tautan-tautan Akses

Siapa Politisi Demokrat yang Bisa Gantikan Biden sebagai Capres?


Anak-anak membawa poster bertuliskan ucapan terima kasih untuk Presiden AS Joe Biden usai pengumuman bahwa dirinya mengundurkan diri dari bursa pencalonan pilpres, di Washington DC, Minggu, 21 Juli 2024. (Foto: Kevin Mohatt/Reuters)
Anak-anak membawa poster bertuliskan ucapan terima kasih untuk Presiden AS Joe Biden usai pengumuman bahwa dirinya mengundurkan diri dari bursa pencalonan pilpres, di Washington DC, Minggu, 21 Juli 2024. (Foto: Kevin Mohatt/Reuters)

Presiden Joe Biden pada Minggu (21/7) mengumumkan keputusannya untuk mengakhiri kampanye pencalonannya kembali pada 2024. Ia mendukung Wakil Presiden Kamala Harris untuk menjadi calon presiden dari Partai Demokrat pada pemungutan suara pada November nanti.

Banyak pejabat partai Demokrat yang mengatakan bahwa mereka mendukung Harris untuk menggantikan Biden sebagai pemegang standar partai untuk melawan Trump dalam pemilu presiden. Namun sebagian lain mengatakan, mereka ingin Partai Demokrat dalam Konvensi Nasional Partai Demokrat (DNC) yang akan dibuka bulan depan di Chicago, untuk menominasi calon presiden lainnya.

DNC dijadwalkan berlangsung pada 19-22 Agustus di Chicago. Adapun kandidat yang paling mungkin menggantikan Biden adalah pertama, tentu saja, Wakil Presiden Kamala Harris, 59. Pengalamannya menjabat wakil presiden bersama Biden bisa menjadi modal kampanye. Ia menjadi wajah dari upaya pemerintah mengenai hak-hak reproduksi sejak Mahkamah Agung membatalkan Roe vs Wade pada 2022. Harris sebelumnya adalah seorang jaksa agung dan senator dari California.

Biden Mundur dari Pencalonan, Siapa Capres Partai Demokrat?
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:00 0:00

Kandidat kedua, Gretchen Whitmer, 52, Gubernur Michigan untuk masa jabatan kedua. Michigan adalah negara bagian penting yang dimenangkan Trump pada 2016, tetapi dimenangkan oleh Biden pada 2020. Whitmer sebelumnya adalah anggota DPR dan Senat negara bagian. Ia menjadi ketua fraksi Demokrat yang minoritas di Senat Michigan selama empat tahun.

Whitmer adalah wakil ketua Komite Nasional Partai Demokrat dan telah mengesahkan prioritas progresif di Michigan, termasuk melindungi akses aborsi dan langkah-langkah keamanan untuk membeli senjata api. Ia menang mudah dalam pemilihan gubernur Michigan pada 2018 dan 2022.

Kandidat lain, Gavin Newsom, 56. Ia telah lama berkecimpung dalam politik di California dan kini menjabat sebagai gubernur. Newsom terpilih pada 2019 dan memenangkan pemilu ulang, unggul dengan lebih dari 20 persen. Newsom baru-baru ini menandatangani undang-undang yang menjadikan California negara bagian pertama yang melarang pegawai sekolah memberi tahu orang tua, tentang orientasi seksual dan identitas gender para siswa.

Newsom menjadi sorotan nasional, mulai dari berdebat dengan Gubernur Florida Ron DeSantis di saluran TV Fox News hingga meluncurkan komisi aksi politik federal pada 2023 untuk “melawan meningkatnya otoritarianisme.” Ia mendapat kecaman pada tahun 2020 karena melanggar pembatasannya sendiri terkait COVID-19 dengan makan di restoran The French Laundry di Napa Valley.

Pete Buttigieg, 42, adalah kandidat lain. Ia dinominasikan dan dilantik sebagai Menteri Perhubungan pada 2021. Ia mencalonkan diri menjadi presiden pada 2020. Perolehan suaranya cukup tinggi dalam kaukus Iowa dan hampir memenangkan pemilihan pendahuluan di New Hampshire.

Berasal dari South Bend, Indiana, Buttigieg terpilih sebagai wali kota pada 2012 dan menjabat hingga 2020. Ia membantu mengarahkan respons pemerintah terhadap berbagai krisis, termasuk runtuhnya Jembatan Francis Scott Key di Baltimore dan tergelincirnya kereta api di East Palestine, Ohio.

Jika terpilih, Buttigieg akan menjadi presiden pertama di AS yang secara terbuka mengakui sebagai gay. [ps/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG