Tautan-tautan Akses

Sidang Terakhir Assange Diwarnai Demonstrasi


Pendukung dan aktivis memegang plakat di luar pengadilan Westminster Magistrates di London pada 20 April 2022, menyerukan agar pendiri WikiLeaks Julian Assange untuk dibebaskan. (Foto: AFP)
Pendukung dan aktivis memegang plakat di luar pengadilan Westminster Magistrates di London pada 20 April 2022, menyerukan agar pendiri WikiLeaks Julian Assange untuk dibebaskan. (Foto: AFP)

Para pengacara Julian Assange akan menyampaikan keberatan hukum terakhir mereka di Inggris pada Selasa (20/2) untuk menghentikan pemindahan pendiri WikiLeaks itu ke Amerika Serikat guna menghadapi tuduhan mata-mata.

Para pendukung Assange berkumpul di luar gedung pengadilan bergaya neo-gotik di London dan berencana untuk berjalan ke kantor Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak di Jalan Downing 10 pada akhir sidang.

Assange telah berjuang melawan ekstradisi selama lebih dari satu dekade.

Pengacaranya akan meminta dua hakim Pengadilan Tinggi untuk mengabulkan sidang banding baru, sebagai keputusan hukum terakhirnya di Inggris.

Jika hakim memutuskan untuk menolak permintaan Assange, dia dapat meminta Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa untuk memblokir ekstradisinya – meskipun para pendukungnya khawatir dia akan diterbangkan ke AS sebelum hal itu terjadi.

Assange adalah warga negara Australia yang telah didakwa atas 17 tuduhan spionase dan satu tuduhan tuduhan penyalahgunaan komputer untuk publikasi dokumen rahasia AS di situs webnya.

Para jaksa AS mengatakan Asange membantu analis intelijen Angkatan Darat AS Chelsea Manning mencuri kawat (telegram) diplomatik dan file militer yang kemudian diterbitkan WikiLeaks, sehingga membahayakan nyawa (orang-orang yang namanya tercantum dalam dokumen tersebut).

Bagi para pendukungnya, Assange adalah jurnalis pemecah kerahasiaan yang mengungkap kesalahan militer AS di Irak dan Afghanistan dan berhak atas perlindungan Amandemen Pertama (kebebasan pers dan kebebasan berpendapat). Mereka berpendapat bahwa penuntutan tersebut bermotif politik dan dia tidak akan mendapatkan keadilan dalam sidang di AS. [lt/ns]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG