Tautan-tautan Akses

Somalia: 43 Militan Al-Shabab, Termasuk Dua Komandan Senior, Tewas dalam Serangan Udara


Anggota Tentara Nasional Somalia (SNA) bergerak menuju barak mereka di Mogadishu, Somalia, pada 7 Mei 2021. (Foto: Reuters/Feisal Omar)
Anggota Tentara Nasional Somalia (SNA) bergerak menuju barak mereka di Mogadishu, Somalia, pada 7 Mei 2021. (Foto: Reuters/Feisal Omar)

Pemerintah Somalia mengatakan 43 militan al-Shabab, termasuk dua komandan senior, tewas oleh pasukan Tentara Nasional Somalia (SNA) selama serangan udara pada akhir pekan lalu yang dilakukan di lokasi sekitar 14 kilometer dari Distrik Jamame di wilayah Jubba Hilir.

“Serangan udara tersebut berhasil membunuh pemimpin utama al-Shabab Aden Abdirahman Aden dan Idris Abdirahim Nur, yang berasal dari Kenya, dan total 43 militan Al-Shabab,” lapor Kantor Berita Nasional Somalia (SONNA), Senin (19/6).

SONNA mengatakan serangan itu, yang dilakukan oleh “mitra internasional Somalia,” terjadi pada Jumat (16/6) ketika para militan dan komandannya berkumpul untuk merencanakan serangan terhadap tentara pemerintah di pangkalan militer Barsanguni, yang merupakan lokasi Tentara Nasional Somalia dan pasukan lokal.

Pernyataan itu tidak merinci mitra asing yang melakukan serangan udara tersebut, tetapi seringkali, pesawat tak berawak milik pasukan Komando Afrika AS melakukan serangan dengan menyasar militan Somalia.

“Keberhasilan gangguan dari rencana melakukan serangan ini menunjukkan keefektifan upaya berkelanjutan untuk memerangi al-Shabab dan melindungi rakyat Somalia,” tambah pernyataan itu.

Berita itu muncul ketika Dewan Menteri Somalia mencalonkan Brigadir Jenderal Ibrahim Sheikh Muhyadin Addow sebagai komandan baru Tentara Nasional Somalia.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Somalia mengatakan penunjukan itu terjadi setelah ada usulan untuk mencopot Jenderal Odawa Yusuf, yang menjabat posisi itu sejak Maret 2019. [my/rs]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG