Tautan-tautan Akses

Tangkal Kejahatan di Tahun 2022, Warga Rumania Kenakan Kostum Beruang


Orang-orang mengenakan kostum beruang dalam ritual tahunan di Comanesti, Rumania, pada 30 Desember 2016. (Foto: AP/Vadim Ghirda)
Orang-orang mengenakan kostum beruang dalam ritual tahunan di Comanesti, Rumania, pada 30 Desember 2016. (Foto: AP/Vadim Ghirda)

Dentuman genderang dimulai pagi-pagi sekali pada Kamis (30/12), menandakan kedatangan ratusan orang yang turun ke kota Comanesti, di utara Romania, yang mengenakan kostum terbuat dari bulu beruang asli dengan kepala yang masih menempel.

Ini adalah tradisi yang berasal dari jaman prakristen ketika para penari yang mengenakan kostum berwarna atau kostum bulu binatang pergi dari satu rumah ke rumah lain di desa-desa, bernyanyi dan menari untuk mengusir kejahatan. Berat kostum beruang untuk orang dewasa, termasuk kepala beruang, mencapai sekitar 40 kilogram. Harga per kostum mencapai 2.000 euro atau sekitar $2.400.

Penduduk setempat khawatir tradisi itu akan hilang karena sejumlah besar pemuda Romania telah meninggalkan daerah itu untuk mencari kehidupan yang lebih baik di negara-negara Uni Eropa yang lebih kaya.

Seorang warga Comanesti mengatakan akan “malu” jika “kehilangan” tradisi ini dan melewatkan “tarian beruang” yang terkenal. [em/rs]

Recommended

XS
SM
MD
LG