Tautan-tautan Akses

Tiga Senator AS di Kyiv: Ukraina Bisa Usir Rusia Jika Didukung


Tiga senator AS, dari kiri: Richard Blumenthal, Elizabeth Warren, dan Lindsey Graham saat berkunjung ke Kyiv, Ukraina hari Rabu (23/8).
Tiga senator AS, dari kiri: Richard Blumenthal, Elizabeth Warren, dan Lindsey Graham saat berkunjung ke Kyiv, Ukraina hari Rabu (23/8).

Tiga senator Amerika, Rabu, berada di Kyiv, Ukraina. Mereka menjanjikan lebih banyak dukungan bagi negara itu untuk melawan invasi Rusia.

Lindsey Graham dari Partai Republik serta Elizabeth Warren dan Richard Blumenthal dari Partai Demokrat terkejut mendengar sirene peringatan serangan udara. Mereka harus berlindung di tempat parkir ketika sedang berbicara dengan media. Mereka kemudian bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy.

"Kepada media yang melaporkan bahwa perlawanan Ukraina menemui jalan buntu: kalian salah. Mereka (pasukan Ukraina) telah menerobos garis pertahanan utama kemarin. Mungkin ada lebih banyak ranjau Rusia di Ukraina dibandingkan dengan di mana pun dalam sejarah peperangan modern. Dan orang-orang Ukraina telah mengatasinya. Kalau kita tetap mendukung mereka, mereka akan mengusir Rusia,” kata Graham.

Pasukan Ukraina memulai serangan balasan untuk merebut kembali wilayah yang direbut pada awal Juni, namun kemajuannya lambat karena mereka menghadapi ladang ranjau dan parit Rusia yang luas, khususnya di tenggara.[ka/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG