Tautan-tautan Akses

Kekhawatiran Perang Dagang Mereda, Bursa Saham AS Naik


Pedagang saham Fran O'Connell di lantai Bursa Saham New York, 26 Maret 2018.
Pedagang saham Fran O'Connell di lantai Bursa Saham New York, 26 Maret 2018.

Bursa saham di Amerika melonjak, Senin (26/3), seiring dengan meredanya kekhawatiran mengenai kemungkinan perang dagang habis-habisan dengan China menyusul persaingan kenaikan tarif perdagangan.

Tiga indeks saham utama Wall Street mengalami kenaikan terbesar dalam sehari dalam dua setengah tahun dan menutup sebagian besar kerugian pasar pekan lalu.

Indeks 30 saham utama Dow Jones Industrial Average yang menjadi acuan melonjak lebih dari 2,8 poin dalam perdagangan Senin. S & P 500 naik lebih dari 2,7 poin, dan Nasdaq Composite meningkat hampir 3,8 poin.

Sebelumnya, saham Asia bervariasi, sementara indeks Eropa turun untuk hari ini.

Pasar global anjlok pekan lalu setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan bea impor terhadap impor barang dari China senilai $60 miliar. Pengenaan bea impor adalah dalam upaya memangkas sebanyak $100 miliar dari defisit perdagangan $375 miliar yang tercatat tahun lalu dengan China.

China segera menyatakan akan membalas dengan menaikkan bea impor atas barang-barang Amerika. Namun pada Senin ada tanda-tanda ketegangan mereda antara Amerika dan China. [my/ds]

Recommended

XS
SM
MD
LG