Tautan-tautan Akses

Trump Kecam Harris setelah Biden Memilihnya sebagai Cawapres


Presiden AS Donald Trump
Presiden AS Donald Trump

Presiden AS Donald Trump hari Rabu (12/8) menyebut Senator Kamala Harris, calon wakil presiden dari Partai Demokrat, yang dipilih Joe Biden, sebagai "lawan yang diimpikan semua orang"."

Kamala Harris memulai pencalonannya dengan kuat pada pemilu pendahuluan Partai Demokrat namun berakhir lemah, dan akhirnya mundur dari persaingan calon Presiden hampir tanpa dukungan," kata presiden di Twitter.

Setelah pemilihan Harris diumumkan Selasa (11/8), Trump mengatakan terkejut Harris menjadi pilihan Biden untuk wakil presiden dan menyebut pencalonan presiden Harris sebagai kegagalan.

"Saya lebih terkejut lagi karena kinerjanya buruk dalam pemilihan pendahuluan," kata Trump dalam konferensi pers di Gedung Putih, Selasa.

Trump menuduh Harris "sangat kasar" kepada calon hakim Mahkamah Agung Brett Kavanaugh, ketika Harris menanyai Kavanaugh mengenai tuduhan pelanggaran seksual dalam sidang konfirmasi 2018.

"Menurut saya ia yang paling kejam, paling buruk, paling tidak hormat dibandingkan siapa pun di Senat AS," katanya.

Trump juga menuduh Harris sebagai "sangat, sangat kasar" dan "sangat tidak hormat" kepada Biden dalam debat utama Partai Demokrat tahun lalu dan menggambarkannya sebagai tokoh yang beraliran paling kiri, dan menyebutnya "orang paling liberal di Senat AS."

Kecaman tajam Trump terhadap Harris tidak berbeda dengan kecamannya terhadap Hillary Clinton, perempuan pertama yang mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilu 2016. Trump menyebut Clinton "jahat" selama kampanye dan me-retweet pos awal tahun ini yang menyebut Clinton sebagai "penipu." [my/ii]

XS
SM
MD
LG