Tautan-tautan Akses

Trump Kepada May: “Tuntut UE”


Perdana Menteri Inggris Theresa May dan Presiden Donald Trump sebelum konferensi pers gabungan di Chequers, Buckinghamshire, Inggris, 13 Juli 2018.
Perdana Menteri Inggris Theresa May dan Presiden Donald Trump sebelum konferensi pers gabungan di Chequers, Buckinghamshire, Inggris, 13 Juli 2018.

Presiden AS Donald Trump menyarankan kepada Perdana Menteri Inggris Theresa May agar menuntut Uni Eropa daripada bernegosiasi dengan blok tersebut, sebagai bagian dari strategi Brexit.

“Dia mengatakan kepada saya bahwa saya harus menuntut Uni Eropa,” kata Perdana Menteri May kepada televisi BBC. “Tuntut Uni Eropa. Jangan bernegosiasi - tuntut mereka,” kata May mengutip saran yang disampaikan oleh Presiden Trump.

Pengungkapan tentang bagaimana Trump memberikan saran itu kepadanya akhirnya menjawab spekulasi beberapa hari tentang saran apa yang diberikan oleh pemimpin AS itu kepada perdana menteri Inggris.

Baca juga: Presiden Trump Bertemu PM Inggris

Trump mengatakan pekan lalu dalam sebuah wawancara dengan surat kabar The Sun bahwa dia telah memberikan saran kepada May, tetapi May tidak mengikutinya. Presiden mengatakan kepada surat kabar itu menjelang pertemuannya dengan May bahwa ia “tidak mau mendengarkan” kepadanya.

“Kalau saya, pasti saya akan melakukannya dengan cara yang berbeda. Saya benar-benar mengatakan kepada Theresa May bagaimana melakukannya tetapi ia tidak setuju, ia tidak mendengarkan saya. Ia ingin memilih cjalan lain,” kata Trump.

Baca juga: Trump: Strategi “Brexit” akan Hancurkan Perjanjian Dagang AS-Inggris

Trump tidak mengungkapkan saran apa yang diberikannya dalam konferensi pers pada hari Jumat. Sebaliknya, dia berkata, “Saya kira ia menganggapnya terlalu brutal.”

Trump menambahkan, “Saya sepenuhnya bisa mengerti mengapa ia menganggapnya sulit, dan mungkin suatu hari ia akan melakukannya.” [lt]

XS
SM
MD
LG