Tautan-tautan Akses

Ukraina Tembak Jatuh 24 Drone Rusia, Zelenskyy Minta Bantuan Pertahanan Udara


Sebuah gudang terbakar setelah serangan drone Rusia di Uman, wilayah Cherkasy, Ukraina, 1 Oktober 2023. (Foto: Press service of the State Emergency Service of Ukraine in Cherkasy via REUTERS)
Sebuah gudang terbakar setelah serangan drone Rusia di Uman, wilayah Cherkasy, Ukraina, 1 Oktober 2023. (Foto: Press service of the State Emergency Service of Ukraine in Cherkasy via REUTERS)

Militer Ukraina Kamis mengatakan telah menghancurkan 24 drone yang diluncurkan oleh pasukan Rusia pada malam sebelumnya, sementara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy ke Spanyol untuk meminta dukungan dari sekutu-sekutu Eropa guna memperkuat pertahanan udara negaranya. Angkatan Udara Ukraina mengatakan Rusia mengirim total 29 drone dalam serangan yang ditujukan ke wilayah Odesa, Mykolaiv dan Kirohovrad.

“Tantangan utama yang kami hadapi adalah menyelamatkan persatuan di Eropa,” kata Zelenskyy kepada wartawan sewaktu ia tiba untuk mengadakan pembicaraan di Granada.

Zelenskyy mengatakan penting bagi Ukraina untuk memiliki “perisai pertahanan untuk musim dingin” dengan Rusia diperkirakan akan melancarkan banyak serangan dengan rudal dan drone buatan Iran.

Ia juga mengutip apa yang ia katakan dukungan 100% dari Presiden AS Joe Biden serta dukungan bipartisan dari Kongres AS, beberapa hari setelah tercapai kesepakatan pendanaan jangka pendek yang tidak memasukkan bantuan tambahan untuk Ukraina.

Presiden AS Joe Biden menyerukan sekutu-sekutu Barat penting pada hari Selasa untuk meyakinkan mereka mengenai berlanjutnya dukungan militer Amerika bagi Ukraina, setelah sekelompok anggota Kongres dari partai Republik memaksa tidak dimasukkannya bantuan darurat baru untuk Kyiv.

Gedung Putih mengatakan Biden berbicara dengan para pemimpin Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Polandia, Romania, Inggris, Uni Eropa dan NATO, serta menteri luar negeri Prancis. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG