Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Lakukan Penyelidikan Setelah 3 Negara Melarang Impor Gandum Ukraina


Dok – Seorang perempuan memegang roti saat protes petani di depan kantor perwakilan Komisi Eropa di Bucharest, Romania.
Dok – Seorang perempuan memegang roti saat protes petani di depan kantor perwakilan Komisi Eropa di Bucharest, Romania.

Slowakia menjadi negara Uni Eropa ketiga yang melarang impor pangan dari Ukraina pada Senin (17/4), memperdalam tantangan bagi blok tersebut saat berupaya membantu Ukraina mengekspor biji-bijiannya ke pasar dunia.

Slowakia mengikuti Polandia dan Hungaria, dua negara yang mengumumkan larangan impor makanan Ukraina pada hari Sabtu lalu, yang akan diberlakukan hingga 30 Juni.

Ketiga negara memberlakukan larangan tersebut sebagai tanggapan atas kemarahan yang meningkat dari para petani lokal, yang mengatakan bahwa melimpahnya biji-bijian di negara mereka menyulitkan perekonomian mereka.

Cabang eksekutif UE, Komisi Eropa, mengelola perdagangan atas nama 27 negara anggotanya dan menolak anggotanya mengambil tindakan sepihak atau tidak terkoordinasi.

Pada briefing di Brussel, dua juru bicara komisi itu menekankan rasa terima kasihnya kepada Polandia dan negara-negara Eropa Tengah lainnya yang mendukung Ukraina, tetapi mengatakan solusi harus ditemukan dengan menghormati kerangka hukum Uni Eropa.

"Kita sedang menghadapi perang, bukan? Dan perang ini berdampak, jelas, pada petani dan lebih umum lagi, populasi di Ukraina dan Uni Eropa serta negara-negara anggotanya," kata Eric Mamer, kepala juru bicara komisi itu.

Ia mengakui bahwa Polandia dan negara lain "telah melakukan yang terbaik untuk membantu Ukraina." Ia menambahkan, "Jadi ini bukan pemberian sanksi. Ini terkait pencarian solusi berdasarkan hukum UE dan pada saat yang sama untuk kepentingan Ukraina dan UE."

Negara-negara UE yang bertetangga dengan Ukraina telah meminta UE untuk segera menangani masalah makanan Ukraina, dengan mengatakan bahwa mereka tidak bisa membiarkan petaninya menanggung kerugian karena produk pertanian Ukraina di pasar mereka sendiri. [my/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG