Tautan-tautan Akses

Vietnam Pindahkan Narablog dari Penjara ke RS Jiwa 


Narablog Vietnam, Pham Thanh, di Hanoi sebelum penahanannya, Mei 2020. (Foto: Facebook/Nguyễn Nghiêm)
Narablog Vietnam, Pham Thanh, di Hanoi sebelum penahanannya, Mei 2020. (Foto: Facebook/Nguyễn Nghiêm)

Seorang narablog (blogger) Vietnam yang ditahan Mei atas tuduhan membuat propaganda anti negara telah dipindahkan dari penjara ke sebuah rumah sakit jiwa di Hanoi.

Pham Chi Thanh, yang biasa dikenal sebagai Pham Thanh, membahas masalah politik dan isu-isu sosial pada blognya, Ba Dam Xoe dan pernah bekerja untuk radio milik pemerintah Voice of Vietnam.

Pham Thanh ditahan berdasarkan penahanan pra-pengadilan Pasal 117 Undang-Undang (UU) Pidana karena diduga membuat dan menyimpan dokumen-dokumen “ mengenai propaganda menentang pemerintah.”

Penangkapannya terjadi beberapa bulan setelah ia menerbitkan buku yang kritis terhadap Sekjen Partai Komunis dan Presiden Nguyen Phu Trong.

Nguyen Thi Nghiem istri Pham Thanh kepada VOA mengatakan pihak berwenang memindahkan Pham Thanh ke rs jiwa akhir November.

“Saya sangat khawatir dan tidak tahu harus melakukan apa," kata Nghiem. “Saya sudah bertahun-tahun hidup bersamanya, saya tahu kesehatan jiwanya normal. Ia tidak sakit”.

Nghiem mengatakan pejabat polisi memberitahu bahwa suaminya dipindahkan ke rs jiwa “untuk memantau dan memeriksa kesehatan mentalnya”, tapi tidak memberi alasan tindakan itu. [my/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG