Tautan-tautan Akses

WHO: Afrika Berisiko Alami Gelombang Baru Virus Corona 


Para petugas kesehatan mengenakan alat pelindung diri di unit gawat darurat di Steve Biko Academic Hospital di Pretoria, Afrika Selatan, 11 Januari 2021.
Para petugas kesehatan mengenakan alat pelindung diri di unit gawat darurat di Steve Biko Academic Hospital di Pretoria, Afrika Selatan, 11 Januari 2021.

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) melaporkan jumlah kasus yang relatif rendah menimbulkan rasa puas diri dan ketidakpatuhan pada tindakan pencegahan, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak sosial.

Direktur regional WHO untuk Afrika, Matshidiso Moeti, mengatakan ancaman terbesar terhadap penyebaran infeksi dan munculnya kembali kasus adalah karena penundaan dan kekurangan pasokan vaksin.

“Negara-negara di Afrika tergelincir lebih jauh di belakang negara-negara lain di dunia dalam peluncuran vaksin COVID-19, sekarang terhitung hanya satu persen dari vaksin yang diberikan di seluruh dunia, turun dari dua persen beberapa minggu yang lalu… Hanya sekitar setengah dari 37 juta dosis yang dikirimkan ke benua ini yang telah digunakan sejauh ini," kata Moeti.

Moeti mengatakan negara-negara Afrika perlu meningkatkan dan melakukan bagian mereka untuk memastikan vaksin sampai ke rakyat dengan cepat.

Sejauh ini, program berbagi vaksin COVAX telah mengirimkan sekitar 80 juta dosis ke Afrika. Pejabat COVAX mengatakan pengiriman vaksin dari Serum Institute of India dihentikan pada Maret karena peningkatan dramatis kasus COVID-19 di India.

Afrika Selatan dan India memimpin upaya di Organisasi Perdagangan Dunia untuk sementara melepaskan hak atas kekayaan intelektual (hak paten) yang mencegah produksi vaksin generik COVID-19 besar-besaran.

Moeti mengatakan dia menyambut baik keputusan AS yang mendukung mendukung upaya itu. [lt/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG