Tautan-tautan Akses

Zelenskyy Sebut Kunjungan ke Barat ‘Sangat Produktif’


Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara di hadapan anggota Kongres AS di Gedung Capitol, Washington, pada 21 Desember 2022. (Foto: AP/Carolyn Kaster)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara di hadapan anggota Kongres AS di Gedung Capitol, Washington, pada 21 Desember 2022. (Foto: AP/Carolyn Kaster)

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menggambarkan kunjungannya ke Amerika Serikat dan Kanada pada minggu lalu “sangat produktif.”

Dalam pidato videonya pada Minggu (24/9) malam, Zelensky mengatakan Ukraina mendapatkan bantuan pertahanan dari Washington dan Ottawa.

Ia mengatakan AS memberikan paket pertahanan kepada Ukraina, termasuk “artileri, peluru yang diperlukan, amunisi HIMARS, rudal pertahanan udara, sistem pertahanan udara tambahan, kendaraan taktis dan banyak lagi,” sementara Kanada menawarkan dukungan pertahanan jangka panjang “senilai setengah miliar dolar AS.”

Zelensky juga menyebut keputusan AS yang “bersejarah” untuk “memproduksi bersama senjata dan sistem pertahanan, khususnya pertahanan udara.”

Presiden Ukraina itu mengatakan kolaborasi Ukraina dengan AS akan membantu menciptakan industri pertahanan yang jauh lebih kuat di wilayahnya dan meningkatkan perekonomian Ukraina.

“Perlindungan bagi kota-kota kita. Perusahaan, lapangan kerja baru bagi masyarakat kita – bagi warga Ukraina dan Amerika. Kita memiliki perspektif yang jelas mengenai ketahanan baru Ukraina yang akan mencegah terulangnya agresi Rusia – ini adalah apa yang telah kita sepakati,” katanya.

Zelenskyy menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintahan Biden dan rakyat Amerika yang menghargai kebebasan dan mendukung Ukraina. [my/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG