Angkatan Udara AS Jatuhkan Bantuan Pangan bagi Warga Haiti

Militer Amerika telah mulai menjatuhkan dari udara bantuan pangan dan air minum yang sangat dibutuhkan bagi korban gempa Haiti yang selamat sebagai upaya mengatasi kepadatan di bandara dan hambatan-hambatan lain untuk menyalurkan bantuan.

Sebuah pesawat angkatan udara Amerika menjatuhkan lebih dari 14 ribu kotak "makanan jadi" dan 15 ribu liter air minum ke sebuah kawasan di ibukota, Port-au-Prince. Ini merupakan pertama kalinya militer Amerika menjatuhkan bantuan dari udara sejak gempa hebat minggu lalu.


Pejabat Pentagon sebelumnya mengesampingkan penjatuhan bantuan dari udara, yang katanya akan menyebabkan kekacauan diantara korban selamat dan mungkin mengakibatkan kerusuhan.

Namun militer mengatakan telah mendapat daerah-daerah yang aman untuk melakukan operasi itu. Tentara Amerika juga tiba dengan Helikopter hari Selasa di halaman istana presiden yang hancur untuk menyerahkan bantuan kepada korban di ibukota itu.

Di New York, Dewan Keamanan PBB sepakat secara mutlak untuk mengirim 3500 lagi tentara dan polisi ke Haiti untuk membantu menjaga keamanan.

Para pejabat memperkirakan gempa itu menewaskan sekitar 200 ribu orang dan mempengaruhi sekitar tiga juta sekitar sepertiga penduduk Haiti. Tim-tim pertolongan berdatangan dari seluruh dunia untuk memberi bantuan kepada negara Karibia yang porak poranda itu.

Dalam berita lainnya, gempa berkekuatan 5,8 skala Richter telah melanda kepulauan Cayman, mengguncang gedung-gedung di ibukota George Town.

Sebagian penduduk berlari keluar dari gedung-gedung ke jalan, namun tidak ada laporan segera mengenai cedera atau kerusakan.

Gempa terjadi di Amerika selatan dan Karibia dalam beberapa hari terakhir setelah gempa dahsyat berkekuatan 7 pada skala Richter melanda Haiti minggu lalu, menewaskan puluhan ribu orang.