Afghanistan akan Umumkan Hasil Penyidikan Pelecehan Seksual dalam Timnas Perempuan

Timnas sepakbola perempuan Afghanistan dalam salah satu pertandingan di Kabul (foto: ilustrasi).

Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani mengatakan, tuduhan pelecehan seksual oleh anggota tim sepak bola perempuan Afghanistan "mengejutkan semua warga Afghanistan."

Dalam pidato dengan pintu tertutup kepada Komite Olimpiade Nasional Afghanistan, Ghani mengatakan, ia telah memerintahkan penyelidikan atas tuduhan itu, yang pertama kali diumumkan Jumat di harian Inggris The Guardian.

"Bahkan jika tuduhan saja menyebabkan bangsa kita berhenti mengirim putra dan putri mereka untuk berolahraga, kita perlu bertindak segera dan secara komprehensif," ujarnya.

Jaksa Agung Afghanistan, Mohammad Farid Hamidi telah mengatakan dalam waktu seminggu, ia akan mengumumkan hasil penyelidikan atas tuduhan terhadap para pejabat Federasi Sepak Bola Afganistan (AFF).

BACA JUGA: Kejaksaan Afghanistan Selidiki Tuduhan Pelecehan Seksual Terhadap Pesepak Bola Putri

Sekretaris Jenderal AFF, Sayed Alireza Aqazada membantah keras apa yang dikatakannya sebagai tuduhan tanpa dasar. "Tidak ada pelecehan seksual yang dilakukan terhadap satupun pemain sepak bola wanita," katanya pada konferensi pers di ibukota Afghanistan hari Sabtu.

Tetapi anggota tim yang berbicara kepada harian The Guardian mengatakan, pelecehan terjadi di Afghanistan, termasuk di kantor pusat federasi itu dan di salah satu kamp pelatihan di Yordania, Februari lalu. (ps/is)