Afghanistan Setujui Pembicaraan dengan Taliban Dihidupkan Kembali

Perdana Menteri Pakistan Shahid Khaqan Abbasi disambut oleh Presiden Afghanistan Ashraf Ghani di Kabul, 6 April 2018. (Foto: dok).

Perdana Menteri Pakistan mengatakan Afghanistan telah menerima tawarannya untuk menghidupkan kembali pembicaraan perdamaian yang macet antara pemerintah Afghanistan dan Taliban.

Shahid Khaqan Abbasi mengatakan perang bukanlah solusi terhadap konflik puluhan tahun di Afghanistan. Ucapannya hari Sabtu (7/4) itu dikeluarkan sehari setelah ia berkunjung ke Kabul dan bertemu dengan para pemimpin Afghanistan.

Baca juga: PM Pakistan Lakukan Pembicaraan Penting dengan Pemimpin Afghanistan

Pakistan memuji pendekatan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani kepada Taliban di mana ia menawarkan untuk mengakui kelompok agama radikal itu sebagai partai politik. Taliban belum dengan resmi menjawabnya tetapi telah menyatakan lagi tuntutan mereka untuk berbicara dengan Amerika Serikat sebelum mengadakan pembicaraan dengan Kabul.

Pakistan menjamu permbicaraan perdamaian langsung pertama antara Kabul dan Taliban tahun 2015 tetapi pembicaraan itu berakhir ketika Kabul mengumumkan kematian pendiri Taliban Mullah Mohammed Omar. [gp]