Aksi Mogok Hollywood Berlanjut, Emmy Awards Ditunda Hingga Januari

Para anggota "Writers Guild of America" dan "Screen Actors Guild" yang melakukan aksi mogok, berjalan di luar Walt Disney Studios di Burbank, California (foto: dok).

Acara penganugerahan Emmy Awards ke-75 ditunda hingga 15 Januari, menurut Akademi Pertelevisian AS dan stasiun televisi Fox hari Kamis (10/8), seiring berlanjutnya aksi mogok para penulis dan aktor Hollywood dalam perselisihan ketenagakerjaan dengan studio-studio besar.

Acara itu semula dijadwalkan tayang di Fox pada 18 September mendatang. Nominasi penghargaan dunia pertelevisian Amerika itu pun sudah diumumkan sejak Juli lalu, sebelum aksi mogok ganda berlangsung.

Bulan lalu, aktor dan aktris Hollywood bergabung dengan para penulis film dan televisi yang sudah melakukan mogok kerja sejak Mei, setelah negosiasi Serikat Penulis Amerika Serikat (WGA) dan studio-studio besar mengalami kebuntuan.

Ini adalah pertama kalinya serikat penulis dan aktor melangsungkan aksi mogok kerja bersama sejak 1960 dan secara efektif menghentikan proses produksi berbagai acara televisi bernaskah dan film, serta memengaruhi bisnis dunia hiburan.

Your browser doesn’t support HTML5

Mogok Hollywood Memukul Sewa Prop hingga Catering Film

Serial drama HBO “Succession,” yang mengisahkan persaingan sengit dalam sebuah keluarga untuk memperebutkan kendali sebuah perusahaan media, memimpin perolehan nominasi Emmy Awards bersama serial HBO lainnya, “The Last of Us,” yang diangkat dari videogame.

Serial lain yang bersaing dalam kategori drama terbaik antara lain prekuel “Game of Thrones” di HBO berjudul “House of the Dragon,” “The White Lotus” dan serial Star Wars “Andor.” Nominasi tahun lalu yang kembali bersaing yaitu “Better Call Saul,” “Yellowjackets” dan “The Crown.”

Emmy Awards akan disiarkan langsung oleh Fox dari Peacock Theater di LA Live pada 15 Januari mendatang. The Creative Arts Emmys – serangkaian penghargaan dalam aspek teknis pertelevisian – akan dilangsungkan pada 6 dan 7 Januari nanti. [rd/jm]