Aktor Kevin Spacey Bebas dari Dakwaan Pelecehan Seksual di London

  • Associated Press

Aktor AS Kevin Spacey meninggalkan pengadilan Southwark Crown di London. Juri membebaskan Kevin Spacey dari sembilan dakwaan pelecehan seksual, Rabu 26 Juli 2023.

Dewan juri di London membebaskan aktor Kevin Spacey dari dakwaan pelecehan seksual pada hari Rabu (26/7) setelah menjalani persidangan selama empat minggu, di mana Spacey mengakui bahwa dirinya adalah seseorang yang “sangat genit,” yang menjalin hubungan suka sama suka dengan lelaki dan satu-satunya kecerobohannya adalah menyentuh selangkangan seorang laki-laki.

Tiga laki-laki menuduh peraih Piala Oscar itu memegang selangkangan mereka dengan agresif. Laki-laki keempat, seorang calon aktor yang kala itu mencari bimbingan, mengaku terbangun dan mendapati sang aktor melakukan seks oral terhadapnya setelah ia bertamu ke apartemen Spacey di London untuk minum bir dan kemudian tertidur atau pingsan.

Keempat laki-laki itu mengatakan peristiwa yang mereka alami terjadi tanpa persetujuan mereka, namun Spacey bersaksi bahwa sang aktor muda dan satu pria lainnya telah secara sukarela terlibat dalam tindakan konsensual tersebut. Ia menyebut tuduhan laki-laki ketiga bahwa dirinya memegang alat vital pria itu seperti serangan “kobra” di belakang panggung teater “murni khayalan.”

Spacey mengaku tidak ingat insiden keempat yang dituduhkan terjadi di sebuah pesta kecil di rumah yang ia sewa di Inggris, namun mengakui bahwa ia menyentuh selangkangan seorang pria yang ia temui di pub pada suatu malam setelah mabuk-mabukan. Ia mengatakan bahwa ia salah membaca suasana dan ia mungkin menggoda pria itu secara keliru.

BACA JUGA: Jaksa Tuntaskan Pemeriksaan Saksi Kasus Kekerasan Seksual oleh Kevin Spacey

Pengacaranya, Patrick Gibbs, mengatakan bahwa tiga dari empat laki-laki itu pembohong dan telah “menggambarkan ulang insiden-insiden itu dengan alur yang jahat.” Ia menuduh sebagian besar dari mereka “menumpang” tuduhan dengan harapan bisa mendapat ganti rugi.

Jaksa Christine Agnew mengatakan kepada para juri bahwa Spacey adalah seorang “perundung seksual” yang mengambil apa pun yang ia inginkan, kapan saja. Ia mengatakan bahwa Spacey ditamengi “perlindungan trinitas,” di mana laki-laki cenderung tidak akan menuntut secara hukum, tidak akan dipercayai apabila mengajukan tuntutan, dan kalaupun mengajukan, tidak ada tindakan hukum yang akan diambil karena Spacey punya kuasa.

Spacey, yang berulang tahun yang ke-64 pada hari Rabu (26/7), menghadapi sembilan dakwaan, termasuk beberapa pasal pelecehan seksual dan satu pasal yang menyebabkan seseorang terlibat dalam aktivitas penetrasi seksual tanpa sepersetujuannya.

Tuduhan itu merentang dari tahun 2001 hingga 2013 dan mencakup masa ketika Spacey kembali ke dunia teater setelah memenangkan Academy Awards untuk film “The Usual Suspects” dan “American Beauty.” Selama itu, Spacey sebagian besar berperan sebagai direktur artistic Old Vic Theatre di London.

Pria-pria itu mengajukan tuntutan setelah seorang aktor Amerika menuduh Spacey dalam kasus pelecehan seksual ketika gerakan #MeToo mengemuka tahun 2017.

Beberapa di antara mereka mengaku dihantui peristiwa pelecehan itu dan tidak tahan menonton film-film Spacey.

Salah satu pria menangis saat berbicara kepada polisi dalam rekaman wawancara video untuk menjelaskan rincian insiden seks oral yang ia katakan tidak pernah ia ceritakan kepada siapa pun. Pria lainnya mengaku marah akan pelecehan yang terjadi secara sporadis selama beberapa tahun terhadapnya dan dia mulai mengonsumsi minuman keras dan berolah raga untuk mengatasi amarahnya.

BACA JUGA: Terbukti Memperkosa, Mantan Produser Hollywood Harvey Weinstein Divonis 16 Tahun Penjara

Spacey terbata-bata dan berkaca-kaca di kursi saksi saat menggambarkan gejolak emosional dan finansial yang disebabkan oleh tuduhan-tuduhan di Amerika serta gelombang kritik yang menerjangnya di media sosial.

“Dunia saya meledak,” ungkap Spacey. “Orang-orang menghakimi dengan tergesa, dan sebelum ada pertanyaan atau jawaban tiba-tiba saya kehilangan pekerjaan, reputasi, dan segalanya dalam hitungan hari.”

Gibbs mengatakan, Spacey disamakan dengan monster di internet setiap malam dan menjadi racun dalam industri.

Spacey dipecat dari serial “House of Cards” dan seluruh adegannya dalam “All the Money in the World” dihapus dan ia digantikan oleh Christopher Plummer. Selain beberapa proyek kecil, ia sudah jarang berakting dalam enam tahun terakhir.

Tahun lalu, dewan juri New York membebaskan Spacey dari tuntutan senilai $40 juta yang diajukan oleh aktor “Star Trek: Discovery” Anthony Rapp atas tuduhan peristiwa yang terjadi tiga puluh tahun lalu.

Spacey menganggap kasus di London sebagai kesempatannya untuk melakukan penebusan. Dalam wawancaranya dengan majalah Jerman, Zeit, bulan lalu, ia mengatakan bahwa ada “orang-orang yang siap mempekerjakannya begitu ia dibebaskan dari segala dakwaan di London.” [rd/lt]