Militan Al-Shabab Mundur dari kota Kismayo di Somalia

Para anggota militan Al-Shabab telah ditarik dari kota Kismayo di Somalia, namun belum jelas kemana para militan al-Shabab pergi (foto: dok).

Pejuang-pejuang al-Shabab telah ditarik dari kota pelabuhan Somalia, Kismayo, kota terbesar yang masih dikuasai pemberontak.
Sejumlah penduduk setempat mengatakan kepada wartawan VOA, para pemimpin al-Shabab telah melarikan diri dan anak buah mereka mulai meninggalkan kota itu hari Minggu setelah pertempuran hebat dengan pasukan Somalia dan Kenya.

Puluhan orang dilaporkan tewas dan komandan pasukan Somalia mengatakan, al-Shabab telah dikalahkan.

Belum jelas kemana para pejuang al-Shabab itu pergi. Kabar tentang kemunduran pasukan al-Shabab itu muncul ketika presiden Somalia yang baru, Hassan Sheikh Mohamud dilantik di kota Mogadishu.

Menurut Presiden Mohamud, masalah keamanan adalah prioritas penting baginya dan ia bertekad akan mempersatukan negara yang terpecah itu.

Hari Rabu lalu, presiden Mohamud menghadapi usaha pembunuhan atas dirinya, ketika penyerang bunuh diri memaksa masuk ke hotel tempat ia tinggal. Mohamud tidak cedera, tapi beberapa tentara dan warga sipil tewas.