Amerika Desak Pakistan Tumpas Militan

Jenderal Ashfaq Parvez Kayani (kanan), memberikan informasi kepada Laksamana Mike Mullen dalam peninjauan dari pesawat udara di utara Pakistan, 24 Juli 2010.

Pejabat-pejabat AS melakukan desakan terbaru itu hari Sabtu, dalam suatu kunjungan ke Islamabad.

Pejabat-pejabat militer Amerika lagi-lagi mendesak Pakistan untuk meningkatkan penumpasan terhadap ekstrimis Islam. Pejabat-pejabat Amerika melakukan desakan terbaru itu hari Sabtu, dalam suatu kunjungan oleh pejabat tinggi militer Amerika ke Islamabad untuk bertemu dengan kepala staf angkatan darat Pakistan, Jenderal Ashfaq Kayani.

Kepala Staf Gabungan Laksamana Mike Mullen melakukan peninjauan dari udara di beberapa tempat di Pakistan baratlaut di mana pasukan pemerintah memerangi militan. Dia mengatakan dia menghargai upaya Pakistan memerangi ekstrimis Islam, namun mengingatkan kelompok militan seperti Lashkar e Taiba masih merupakan ancaman yang terus menguat.

Pejabat Amerika yang lain, yang tak mau namanya disebut, mengatakan, pasukan Pakistan telah membersihkan wilayah seluas sekitar 4.000 kilometer persegi dari kaum militan namun lebih banyak wilayah lagi yang akan dibersihkan.

Mullen akan berkunjung ke Afghanistan hari Minggu. Dia mengatakan sekali pun rencana menarik pasukan mulai berlangsung bulan Juli mendatang, komitmen Amerika di wilayah itu tetap bertahan.