Amerika Tambahkan 2 Singa Afrika dalam Daftar Satwa Langka

Singa Afrika, salah satu hewan yang diperkirakan akan dimasukkan dalam daftar satwa yang terancam punah oleh Badan Perlindungan Ikan dan Satwa Liar AS, Senin (21/12).

Satu spesies singa yang ditemukan di Afrika bagian tengah dan barat, serta India, dengan populasi sekitar 1.000, sedang diklasifikasi sebagai terancam punah.

Amerika diperkirakan akan menambahkan dua spesies singa Afrika ke dalam daftar satwa yang terancam punah hari Senin (21/12), langkah yang akan membuat pemburu semakin sulit membawa piala hasil berburu singa masuk ke Amerika.

Badan Perlindungan Ikan dan Satwa Liar, yang mengelola daftar itu, mengaitkan langkah tersebut dengan populasi singa di alam liar yang menurun dan perlunya memastikan mereka yang berburu secara ilegal tidak bisa mendapat hadiah dari tindakan itu.

Satu spesies singa yang ditemukan di Afrika bagian tengah dan barat, serta India, dengan populasi sekitar 1.000, sedang diklasifikasi sebagai terancam punah. Spesies lain, ditemukan di Afrika timur dan selatan, dengan populasi hingga 19.000, akan diklasifikasi sebagai terancam.(ka)