12 Anak Thailand yang Diselamatkan dari Gua dalam Kondisi Baik

Tiga dari 12 anak Thailand yang berhasil dievakuasi dari gua Tham Luang kini dirawat di sebuah rumah sakit Chiang Rai, Thailand, Rabu (11/7).

Seorang pejabat pemerintah Thailand mengatakan, seluruh 12 anak laki-laki dan pelatih sepakbola mereka dalam kondisi yang umumnya baik satu hari setelah kelompok terakhir berhasil diselamatkan dari gua yang kebanjiran.

Foto-foto anak-anak tersebut, yang kini masih dirawat sebuah rumah sakit di Chiang Rai, dirilis Rabu (11/7), menunjukkan bahwa kebanyakan dari mereka dalam kondisi yang tampaknya baik. Foto-foto itu juga menunjukkan, sejumlah orang tua tampak sedang mengamati anak-anak merekai tu melalui jendela kaca.

Para orangtua itu belum diperkenankan bertemu anak-anak mereka kecuali melalui jendela karena anak-anak itu sedang dalam masa pemulihan.

Pelatih dan 12 anak itu dikarantina untuk mencegah kemungkinan mereka tertular penyakit dari keluarga mereka.

Thongchai Lertwilairatanapong, seorang pengawas kesehatan publik, mengatakan kepada wartawan di Chaing Rai, Rabu, anak-anak itu rata-rata kehilangan berat sekitar 2 kilogram akibat terperangkap lebih dari dua pekan di gua Tham Luang.

Pasukan khusus Angkatan Laut Thailand juga memposkan foto-foto dan sebuah video yang mendokumentasikan operasi penyelamatan mereka di dalam gua pada akun Facebook-nya, Rabu. [ab/uh]