AS dan Rusia Ikrarkan Persahabatan Kedua Negara

Obama dan Medvedev menandai peringatan ke-65 tahun pertemuan bersejarah pasukan Soviet dan Amerika di Sungai Elbe di Jerman.

Presiden Amerika Barack Obama dan Presiden Rusia Dmitri Medvedev menandai peringatan ke-65 tahun pertemuan bersejarah pasukan Soviet dan Amerika di Sungai Elbe di Jerman dalam Perang Dunia Kedua.

Kedua presiden mengeluarkan pernyataan bersama hari Minggu dengan memberikan penghormatan kepada mereka yang berjuang bersama untuk membebaskan Eropa dari fasisme. Pernyataan tersebut mengatakan umat manusia akan selamanya berterima kasih atas jasa kepahlawanan.

Obama dan Medvedev mengatakan mereka akan mengusung apa yang mereka sebut "semangat Elbe," demi kestabilan dan kemakmuran dunia.

Pasukan Amerika, Inggris dan Kanada bertempur di Front Barat dan pasukan Soviet bertempur di Front Timur. Mreka bertemu di Elbe pada tanggal 25 April 1945, hanya beberapa hari sebelum akhirnya pasukan Nazi dikalahkan.

Jabat tangan bersejarah antara seorang tentara Amerika dan seorang tentara Soviet diabadikan dengan kamera foto dan merupakan salah satu foto perang yang paling legendaris di dunia.