AS Deportasi Sahabat Pengebom Maraton Boston

Sketsa persidangan terdakwa Dias Kadyrbayev (tengah), teman sekampus tersangka pelaku pengeboman Maraton Boston, Dzhokhar Tsarnaev, di pengadilan federal, 21 Agustus 2014.

Pemerintah AS telah mendeportasi sahabat dari pembom Maraton Boston, Dzhokhar Tsarnaev. Dia membantu menyembunyikan bukti ketika polisi mencari tersangka peledakan maut itu.

Dias Kadyrbayev, usia 24 diterbangkan dengan pesawat komersial pada 23 Oktober dan tiba di Almaty, Kazakhstan, pada 24 Oktober, kata Dinas Imigrasi Amerika dalam pernyataannya pekan lalu.

Kadyrbayev mengaku bersalah pada Agustus 2014 karena memindahkan barang dari kamar Tsarnaev setelah terjadi pengeboman, termasuk sebuah laptop dan sebuah tas ransel berisi bahan peledak, ketika polisi sedang melakukan pencarian terhadap diri Tsarnaev dan kakaknya Tamerlan.

Mahasiswa yang bersahabat dengan Tsarnaev itu di Universitas Massachusetts di Dartmouth menjalani hukuman penjara lebih dari 5 tahun setelah dia terbukti bersalah melakukan upaya menghalangi penegakan hukum terkait penyelidikan pemboman itu.

Tiga orang tewas dalam serangan pada 15 April 2013 itu. Kakak beradik Tsarnaev kemudian jadi buronan. Tamerlan Tsarnaev tewas oleh polisi saat dalam pelarian, sementara Dzokhar Tsarnaev berhasil ditangkap. [jm]