Badan Pengawas AS Kecam Tagihan $43 Ribu untuk Pembelian Bilik Telepon Kedap Suara

Scott Pruitt, Kepala Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) yang kontroversial.

Badan pengawas pemerintah AS hari Senin mengatakan Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) melanggar hukum ketika menyetujui pemasangan bilik telepon kedap suara senilai 43.000 dolar untuk digunakan pimpinan kantor itu, Scott Pruitt.

Kantor Pertanggungan Jawab Pemerintah (GAO) mengatakan EPA gagal mematuhi undang-undang yang melarang lembaga pemerintah membelanjakan lebih dari 5.000 dolar dana federal untuk melengkapi atau mendekorasi ulang kantor pejabat yang ditunjuk presiden seperti Pruitt tanpa memberi tahu terlebih dahulu komite belanja Kongres AS.

Kesimpulan GAO bahwa jumlah pengeluaran untuk bilik telepon kedap suara itu ilegal adalah skandal terbaru di Washington seputar praktik belanja Scott Pruitt.

Baca juga: Kepala EPA Hadapi Pertanyaan Soal Anggaran Belanja dan Etika

Sebelumnya, para pengecam mengatakan Pruitt telah melampaui anggaran perjalanan dengan terbang kelas satu dan juga menginap di kamar hotel kelas satu untuk perjalanan resminya dan minta pengamanan ekstra untuk dirinya yang mahal karena alasan ada serangan verbal terhadapnya oleh para pengecam kebijakan lingkungannya ketika mereka berpapasan dengannya di depan umum.

Pruitt adalah salah seorang yang paling kontroversial yang ditunjuk Presiden Donald Trump dan sudah melaksanakan perombakan pada regulasi lingkungan. Namun, ia juga membongkar kebijakan-kebijakan yang membatasi praktik lingkungan bisnis yang diberlakukan oleh Presiden Obama.

Ketika berita mengenai praktik pengeluaran EPA oleh Pruitt merebak dalam beberapa pekan terakhir, beberapa anggota parlemen dari Partai Demokrat menyerukan agar Trump memecatnya, tindakan yang juga disarankan oleh kepala staf Gedung Putih John Kelly.

Pejabat lainnya yang ditunjuk Trump juga dipecat karena pelanggaran anggaran belanja. Tapi dalam berbagai kesempatan Trump menyampaikan dukungannya kepada Pruitt.

Awal bulan ini Trump mengatakan, "Saya kira ia melakukan pekerjaan yang fantastis. melakukan pekerjaan luar biasa. Ia sangat berani. Itu tidak mudah, ia melakukan pekerjaan luar biasa."

EPA membenarkan pengeluaran sebesar 43.238 dolar untuk bilik kedap suara dan mengatakan Pruitt membutuhkan ruangan di mana ia bisa menggunakan "telepon rahasia", sehingga bisa melakukan percakapan pribadi tentang bisnis agensi.

"Telepon rahasia tidak bisa diletakkan begitu saja di meja kantor atau di ruang konferensi," kata EPA.

EPA mengatakan tagihan untuk bilik kedap suara yang dibangun di bekas lemari penyimpanan di kantor Pruitt, mencakup 24.000 dolar lebih untuk bilik itu sendiri dan perakitannya, 8.000 dolar untuk mencabut CCTV, 3.300 dolar untuk menurunkan langit-langit di sekitar bilik itu dan 3.300 dolar lainnya untuk lukisan. GAO mengatakan EPA harus memberi tahu Kongres bahwa itu melanggar hukum, tetapi tidak jelas apakah bilik itu akan dibongkar. [my/jm]