Bahas Penanganan Arus Migran, Blinken Bertemu Presiden Meksiko 

  • Associated Press

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador (tengah) bertemu dengan delegasi AS yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, di Mexico City, Rabu, 27 Desember 2023. (Foto: Rodrigo Oropeza/Reuters)

Delegasi pejabat senior Amerika Serikat (AS) yang dipimpin Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Menteri Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas, dan Penasihat Keamanan Dalam Negeri Liz Sherwood-Randall, Rabu (27/12), mengadakan pertemuan dengan Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador mengenai lonjakan migran yang mencapai perbatasan barat daya Amerika.

López Obrador mengatakan bahwa ia bersedia membantu membatasi lonjakan tersebut.

Namun, dia menambahkan bahwa ia ingin melihat kemajuan dalam hubungan AS dengan Kuba dan Venezuela, yang merupakan dua sumber utama migran.

Pemimpin Meksiko tersebut mengatakan bahwa ia juga ingin melihat lebih banyak bantuan pembangunan untuk wilayah tersebut.

Kedua belah pihak dalam pembicaraan tersebut menghadapi tekanan untuk mencapai kesepakatan setelah langkah-langkah sebelumnya seperti membatasi perjalanan langsung ke Meksiko atau mendeportasi beberapa migran gagal menghentikan arus masuk.

Bulan ini, sebanyak 10.000 migran ditangkap setiap hari di perbatasan barat daya AS. [em/jm]