Bartoli Menangkan Final Putri Wimbledon

Marion Bartoli dari Perancis berpose dengan trofi kejuaraan Wimbledon setelah mengalahkan Sabine Lisicki dari Germany dalam final putri di London (6/7). (AP/Stefan Wermuth)

Petenis perempuan Perancis, Marion Bartoli, untuk pertama kalinya memenangkan kejuaraan grand slam.
Petenis putri Perancis Marion Bartoli untuk pertama kalinya memenangkan kejuaraan tenis utama dengan mengalahkan petenis Jerman Sabine Lisicki dalam kejuaraan Wimbeldon di London.

Bartoli, yang merupakan pemain peringkat ke-15 dunia, kalah dalam final 2007 di Klab All England ini. Tetapi ia mendominasi pertandingan Sabtu (6/7) ketika menghadapi Lisicki yang berada pada peringkat ke-23, dan menang dalam dua set langsung 6-1 dan 6-4.

Sebelumnya, Bartoli menggulingkan para pemain pada peringkat lebih atas dalam turnamen dua minggu dan menyebabkan final Wimbledon diisi oleh petenis-petenis yang tidak diduga sebelumnya.

Bagi Marion Bartoli yang berumur 28 tahun ini adalah titel Grand Slam pertama yang berhasil diraihnya.

Final tunggal putra diadakan Minggu antara Novak Djokovic yang ada di ranking satu dan Andy Murray, pemain ranking dua. Ini merupakan pertemuan mereka yang keempat dalam satu final besar, dan yang ketiga dalam kurang dari satu tahun.

Djokovic mengalahkan Murray pada Australian Open 2011, sementara Murray mengalahkan Djokovic pada US Open September lalu. Kemudian Djokovic lagi-lagi mengalahkan Murray pada Australian Open Januari lalu.