Bayi Panda Prancis Berulang Tahun ke-1

Yuan Meng, anak panda, yang berulang tahun memandang kue ulang tahunnya dari dalam kandangnya di Kebun Binatang The Beauval di Saint-Aignan-sur-Cher, Perancis tengah tanggal 4 Agustus 2018 (foto: AFP Photo/ Guillaume Souvant)

Bayi panda pertama Prancis merayakan ulang tahunnya yang pertama hari Sabtu dengan kue bambu, madu, apel, jeruk, stroberi dan lemon.

Panda bernama Yuan Meng, yang berarti "mimpi jadi kenyataan," memiliki berat 30 kilogram. Dia baru-baru ini mulai makan bambu sambil minum air susu ibunya, Huan Huan.

Untuk perayaan hari Sabtu itu, Kebun Binatang Beauval di sebelah selatan Paris dibuka secara gratis bagi para pengunjung yang lahir pada 4 Agustus.

Ibu Yuan Meng dan bapaknya, Yuan Zi, merupakan pinjaman dari China yang bertujuan menekankan hubungan yang baik dengan Prancis. Panda-panda itu akan berada di kebun binatang Beauval selama 10 tahun.

Negara-negara lain di Eropa juga punya panda besar, termasuk Austria, Belgia, Inggris, Jerman, Belanda, Spanyol dan Finlandia.

Ibu negara Prancis, Brigitte Macron, yang dijuluki ibu angkat panda itu, tidak menghadiri perayaan tersebut. Dia sudah pernah melihat bayi panda itu dua kali. [vm/al]