Berhasil Serang Israel, Iran Beri Penghargaan pada Panglima Garda Revolusi

Jenderal Amirali Hajizadeh, komandan pasukan udara Garda Revolusi Iran memberikan konferensi pers di Teheran pada 2014. (Foto: AFP)

Hajizadeh, yang berusia 62 tahun, telah memimpin unit kedirgantaraan Garda sejak dibentuk pada 2009.

Pemimpin tertinggi Iran telah memberikan penghargaan kepada Komandan Dirgantara Garda Revolusi Islam Iran Jendral Amirali Hajizadeh atas serangan rudal Republik Islam Iran terhadap musuh bebuyutannya, Israel, demikian pernyataan dari situs web Ayatollah Ali Khamenei pada hari Minggu (6/10).

“Ayatollah Khamenei memberikan penghargaan Order of Fath (“Penaklukan” dalam bahasa Farsi) kepada Jenderal Amirali Hajizadeh, komandan Pasukan Dirgantara Garda Revolusi Iran,” kata situs tersebut.

Penghargaan ini diberikan karena apa yang digambarkan sebagai “operasi ‘Janji Jujur’ yang brilian,” tambah situs itu.

BACA JUGA: Iran Lontarkan Ancaman 'Serangan Dahsyat' Jika Israel Lancarkan Balasan 

Hajizadeh, yang berusia 62 tahun, telah memimpin unit kedirgantaraan Garda sejak dibentuk pada tahun 2009.

Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) pada Selasa (1/10) menembakkan sekitar 200 rudal ke Israel sebagai pembalasan atas serangan udara Israel yang menewaskan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah dan jenderal tertinggi IRGC Abbas Nilforushan di Beirut.

Ini adalah serangan langsung kedua Iran terhadap Israel dalam enam bulan terakhir, setelah serangan rudal dan pesawat tak berawak pada bulan April yang merupakan pembalasan atas serangan berdarah terhadap konsulat Iran di Damaskus. Israel dituduh berada di balik serangan di Damaskus yang menewaskan 16 orang, termasuk 8 anggota IRGC.

Israel telah bersumpah akan menanggapi serangan rudal Iran pada hari Selasa itu. Sifat pasti dari respons tersebut masih harus ditentukan atau dikaji. [em/ab]