Biaya Atasi Kecanduan Opioid dan Kelebihan Dosis Tahun 2016 Capai $2,6 Miliar

Petugas medis AS menyita obat-obatan ketika menolong seorang pria yang pingsan akibat kelebihan dosis di Salem, Massachusetts (foto: ilustrasi).

Laporan baru menunjukkan, pada tahun 2016 perusahaan besar mengeluarkan 2,6 miliar dolar untuk mengobati kecanduan opioid dan kelebihan dosis, naik delapan kali sejak tahun 2004. Lebih dari separuh dana digunakan untuk merawat anak-anak karyawan.

Analisis yang dirilis hari Kamis (5/4) oleh Kaiser Family Foundation mendapati biaya yang dikeluarkan perusahaan dan pekerja sekitar 26 dolar per orang yang tercakup asuransi pada tahun 2016.

Pengusaha selama ini membatasi cakupan asuransi untuk opioid karena kekhawatiran akan kecanduan. Laporan itu mendapati pengeluaran untuk resep opioid turun 27 persen dari puncaknya pada tahun 2009.

Peneliti menganalisis klaim asuransi dari perusahaan yang mempekerjakan lebih dari 1.000 karyawan. Sebagian besar karyawan harus menanggung sendiri risiko keuangan itu.

Steve Wojcik dari National Business Group on Health mengatakan, untuk setiap kenaikan 5 dolar, pengusaha biasanya membayar 4 dolar dan pekerja membayar 1 dolar.