Biden: 'Kita akan Menyelesaikan Masalah Anggaran Ini'

  • Associated Press

Presiden AS Joe Biden menjawab pertanyaan wartawan setelah berbicara tentang vaksin COVID-19 dan suntikan penguat di Ruang Makan Negara di Gedung Putih di Washington, AS, 24 September 2021. (Foto: Reuters)

Presiden Joe Biden, Jumat (1/10), mendatangi Gedung Kongres (Capitol Hill) untuk bertemu dengan anggota legislatif di kantor mereka ketika Partai Demokrat berusaha menyelamatkan anggaran pemerintah versi yang diperkecil dari anggaran $3,5 triliun. Presiden juga berupaya menyelamatkan RUU pekerjaan umum terkait setelah perundingan menegangkan selama berhari-hari yang tidak menghasilkan kesepakatan.

Kantor berita AP melaporkan, Biden disambut oleh para pemimpin partai dan langsung menuju pertemuan pribadi dengan anggota Partai Demokrat di DPR.

Ketika Biden keluar dari pertemuan selama satu jam itu, kepada wartawan ia mengatakan, "Kita akan menyelesaikannya," tetapi menolak menetapkan jadwal.

BACA JUGA: Ditunda, Pemungutan Suara untuk RUU Paket Ekonomi Senilai $3,5 Triliun Usulan Biden

"Tidak masalah kapan. Tidak masalah apakah enam menit, enam hari, atau enam minggu. Kita akan menyelesaikannya," katanya.

Pemungutan suara pada Jumat (1/10) pada salah satu RUU anggaran, kecil kemungkinannya akan terjadi, yang menciptakan kekhawatiran pelaksanaan agenda domestik utama presiden akan terseret.

Senator dari Partai Demokrat, Joe Manchin dari West Virginia telah memupuskan harapan tercapainya kompromi cepat, meskipun ia kamis malam melakukan diplomasi selama berjam-jam dengan pembantu Gedung Putih di Capitol Hill, ketika ia menolak untuk mengalah pada tuntutannya pada paket keseluruhan yang lebih kecil, sekitar $1,5 triliun. [my/pp]