'Black Panther: Wakanda Forever' Raih Penghasilan Debut Terbesar Kedua Tahun Ini

  • Associated Press

Para pemeran film Black Panther: Wakanda Forever (dari kiri ke kanan) Florence Kasumba, Danai Gurira, Letitia Wright dan Lupita Nyong'o berpose untuk para fotografer dalam acara premier film tersebut di London, pada 3 November 2022. (Foto: Vianney Le Caer/Invision/AP)

Box office kembali bergairah dengan perilisan film "Black Panther: Wakanda Forever" yang telah ditunggu-tunggu sejak lama.

Sekuel Marvel itu memperoleh $180 juta dari penjualan tiket dari lebih dari 4.396 bioskop di Amerika Serikat dan Kanada, menurut perkiraan The Walt Disney Co. pada Minggu (13/11). Hal itu menandai pembukaan terbesar kedua tahun ini setelah "Doctor Strange in the Multiverse of Madness."

BACA JUGA: Orang Iran yang Menginspirasi Film "The Terminal" Meninggal di Bandara Prancis

Di luar negeri, "Wakanda Forever" memperoleh $150 juta dari 50 wilayah. Dengan demikian, total penghasilan di seluruh dunia menjadi $330 juta.

"Wakanda Forever" sangat diantisipasi oleh penonton dan bioskop. Apalagi box office tampak lesu setelah musim film pada musim panas berakhir dan tak banyak film blockbuster berbiaya besar yang dirilis.

Film itu dibuka dengan penghasilan $84 juta pada hari pertama, termasuk $28 juta dolar dari pertunjukkan preview yang digelar pada Kamis (9/11).

BACA JUGA: Jimmy Kimmel akan Kembali Menjadi Presenter Oscar

"Sebagian mungkin mengharapkan $200 juta seperti film pertama, tapi ini solid," kata Paul Dergarabedian, analis media senior Comscore. "Ini adalah jenis film yang sangat dibutuhkan bioskop untuk mengundang penonton."

Film pertamanya dibuka dengan penghasilan $202 juta pada Februari 2018 dan kemudian meraih penghasilan total sebesar $1,4 miliar dari penjualan tiket di seluruh dunia. Film itu menjadi salah satu film berpenghasilan tertinggi sepanjang masa dan merupakan sebuah fenomena budaya. [vm/lt]