Blinken Berangkat Menuju KTT G-7 dan Lawatan ke Asia Tenggara

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akan memulai serangkaian pertemuan langsung dengan para menteri luar negeri dari Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) saat Amerika memajukan strategi ekonomi Indo-Pasifiknya.

Blinken akan melakukan perjalanan ke Inggris, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Hawaii dari 9 hingga 17 Desember, demikian menurut Departemen Luar Negeri dalam pernyataan pada hari Rabu (8/12).

Untuk pertama kalinya, anggota ASEAN diundang untuk berpartisipasi dalam pertemuan menteri luar negeri dan pembangunan G-7 yang diadakan di kota Liverpool, Inggris, akhir pekan ini. G-7 adalah kelompok negara demokrasi terkaya di dunia, yang lebih dikenal secara formal sebagai Kelompok Tujuh.

BACA JUGA: Blinken Peringatkan 'Konsekuensi Serius' Jika Rusia Serang Ukraina

Blinken dijadwalkan bertemu dengan beberapa rekannya dari blok Asia Tenggara selama pertemuan G-7 sebelum menuju kawasan Asia-Pasifik minggu depan.

Di Jakarta, ia akan menyampaikan sambutan mengenai pentingnya kawasan Indo-Pasifik dan menekankan pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia.

Diplomat tertinggi AS ini kemudian menuju ke Malaysia dan Thailand di mana ia akan memajukan hubungan AS dengan negara-negara ini dan mengatasi tantangan bersama, termasuk COVID-19, membangun rantai pasokan yang tangguh, membahas krisis iklim, dan memastikan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Departemen Luar Negeri mengatakan Blinken akan "membahas mengengai krisis yang memburuk di Burma" di setiap negara selama perjalanan panjang itu. Birma juga dikenal sebagai Myanmar, di mana militer merebut kekuasaan , menggulingkan pemerintah sipil dalam kudeta Februari lalu.

Perjalanan Blinken dilakukan saat pemerintahan Presiden Joe Biden ingin memulai “Kerangka Ekonomi Indo Pasifik” baru pada awal 2022. [my/jm]