Clinton dan Karzai Tegaskan Kembali Hubungan Baik

Dalam pidato pembukaan di Washington, kedua pemimpin menekankan daya tahan kemitraan Amerika-Afghanistan.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton dan Presiden Afghanistan Hamid Karzai pada hari Selasa waktu setempat, menegaskan kembali hubungan kemitraan antara kedua negara, setelah pembicaraan di Washington, yang bertujuan memperbaiki hubungan yang terganggu.

Dalam pidato pembukaan, Karzai dan Menteri Clinton menekankan daya tahan kemitraan Amerika-Afghanistan, dan Clinton mengatakan hubungan kedua negara akan berjalan lebih lama dari perang yang sekarang berlangsung.

Washington telah mengecam korupsi tingkat tinggi yang dituduhkan dalam pemerintahan Afghanistan dan tuduhan kecurangan yang menodai terpilihnya kembali Karzai tahun lalu.

Di sisi lain, rakyat Afghanistan telah mengeluhkan jatuhnya korban sipil dalam operasi militer yang dipimpin Amerika. Tetapi, dalam pidato pada akhir pembicaraan pada hari Selasa, kedua pihak tidak menyebut perselisihan baru-baru ini. Menteri Clinton mengatakan kemajuan sungguh-sungguh dan pengorbanan pada waktu perang oleh pemerintahan Karzai tidak luput dari perhatian Amerika.