Delapan Anggota Partai Konservatif Penuhi Syarat untuk Gantikan Boris Johnson

Mantan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak meninggalkan Millbank Studios setelah melakukan wawancara dengan awak media di London, pada 27 Mei 2022. Sunak merupakan salah satu kandidat pengganti Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. (Foto: Reuters/John Sibley)

Delapan anggota Partai Konservatif di parlemen Inggris telah memenuhi syarat untuk menggantikan Perdana Menteri Boris Johnson, yang memutuskan untuk mundur pada bulan ini ditengah sejumlah skandal yang melilitnya.

Masing-masing dari kedelapan calon itu membutuhkan dukungan dari paling sedikit 20 rekan mereka dari Partai Konservatif di parlemen sebelum tenggat waktu pada Selasa (12/7).

BACA JUGA: Perdana Menteri Inggris Baru akan Diumumkan pada 5 September

Pemungutan suara susulan di kalangan para anggota Partai Konservatif akan diselenggarakan untuk menyaring calon-calon tersbeut hingga menyisakan dua calon saja dijadwalkan akan berlangsung pada Rabu (13/7).

Di antara delapan calon tersebut terdapat mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak, Menteri Luar Negeri Liz Truss, Menteri Perdagangan Penny Mourdaunt, dan anggota parlemen Tom Tugendhat. Mantan Menteri Kesehatan Sajid Javid tidak termasuk dalam delapan calon itu.

Para anggota Partai Konservatif di parlemen hendak mengurangi calonnya menjadi dua sebelum reses musim panas yang dimulai pada 21 Juli.

BACA JUGA: BBC: Johnson Batalkan Rencana Pesta Pernikahan di Chequers

Kedua finalis akan berkampanye di seluruh negara, dan para anggota partai akan melakukan pemungutan suara untuk menghasilkan pemenangnya.

Pemimpin baru itu akan diumumkan ketika parlemen Inggris, House of Commons, kembali bersidang pada 5 September mendatang. [jm/my]