Unjuk Rasa Ratusan Mahasiswa Tibet Warnai Kongres Pergantian Pemimpin Tiongkok

Ratusan warga Tibet melancarkan aksi protes di kota Rongwo, Rebkhong propinsi Qinghai (9/11). Protes warga Tibet yang menghendaki kebebasan dari kekuasaan Tiongkok ini diadakan bersamaan dengan berlangsungnya Kongres Partai Komunis yang menandai pergantian pemimpin Tiongkok, pekan ini.

Ratusan mahasiswa melancarkan aksi protes di kota Rongwo, Tibet timur, (9/11) sebagai reaksi atas kematian Kalsang Jinpa yang tewas bakar diri.
Ratusan mahasiswa telah turun ke jalan-jalan di Tibet timur untuk menunjukkan dukungan bagi para demonstran yang menuntut kebebasan yang lebih besar di bawah kekuasaan Tiongkok

Protes hari Jumat di kota Rongwo di Rebkong, Tibet timur, adalah reaksi terhadap kematian Kalsang Jinpa yang berusia 18 tahun dan meninggal setelah membakar diri, sehari sebelumnya.

Para saksi mengatakan mantan bhiksu itu menaikkan panji putih yang menyerukan kembalinya Dalai Lama ke Tibet. Mereka juga mengatakan protes itu mendatangkan massa yang besar dan keadaan di sana masih tetap tegang.

Kabar mengenai protes baru itu datang sementara Tiongkok membuka Kongres Partai yang ke-18 di Beijing untuk pergantian pemimpin setiap 10 tahun.