Demonstran Yunani Kutuk Pengurangan Anggaran

Demonstran memukul polisi dengan tongkat dan melempar bom Molotov di Athena.

Polisi Yunani bentrok dengan pemrotes yang berdemonstrasi menentang rencana pemerintah mengurangi anggaran lebih besar lagi guna meringankan krisis utang.

Demonstran memukul polisi dengan tongkat dan melempar bom Molotov di Athena, ibukota Yunani, hari Sabtu pada saat ribuan dari mereka berkumpul untuk merayakan hari buruh. Polisi menanggapinya dengan menyemprot gas air mata untuk membubarkan massa.

Serikat buruh Yunani menjadi penentang utama pengurangan anggaran yang direncanakan pemerintah itu untuk memastikan negara tersebut bisa mendapat bantuan internasional.

Pejabat-pejabat di Eropa sudah hampir menuntaskan perjanjian bantuan dengan Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional. Paket bantuan itu bernilai 160 juta dolar, yang rinciannya akan diumumkan hari Minggu.

PM Yunani George Papandreau memperingatkan rakyat Yunani langkah-langkah pengurangan anggaran itu bertujuan demi masa depan mereka. Kepada parlemen. ia mengatakan langkah-langkah seperti itu diperlukan untuk menjamin kelangsungan hidup Yunani.