Di Tengah Konflik AS-Eropa, Trump Bertemu Sekjen NATO

Presiden AS Donald Trump (kanan) menerima Sekjen NATO Jens Stoltenberg di Gedung Putih, Washington DC, Kamis (17/5).

Presiden Amerika Donald Trump dan Sekjen NATO Jens Stoltenberg hari Kamis (17/5) mengadakan pertemuan di Washington DC di tengah konflik antara Amerika dan negara-negara Eropa sekutunya di organisasi pertahanan yang berpengaruh itu.

Trump pekan lalu menolak penentangan dari pemimpin-pemimpin Eropa dan tetap menarik diri dari perjanjian internasional tahun 2015 yang membatasi program senjata nuklir Iran. Tiga negara Eropa yang ikut menandatangani perjanjian itu – Inggris, Perancis dan Jerman – tetap melanjutkan dukungan mereka pada pembatasan terhadap Iran, meskipun Trump menyatakan bahwa perjanjian itu tidak memberi dampak apapun untuk menyudahi uji rudal balistik Iran atau kemajuan militer Iran di Timur Tengah.

‘’Kami sedang mencari solusi praktis’’ tentang perjanjian nuklir Iran, demikian ujar Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini awal pekan ini.

"Kami membahas tentang beberapa solusi untuk mempertahankan perjanjian itu," imbuhnya.

Selain perbedaan pandangan tentang perjanjian nuklir Iran, Trump baru-baru ini memberlakukan tarif terhadap impor baja dan alumunium, termasuk Eropa, meskipun kemudian Trump mengecualikan 28 negara dalam Uni Eropa hingga 1 Juni nanti. [em/jm]